UPAYA PAGUYUBAN BATIK TULIS GIRILOYO DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PENGRAJIN BATIK DI DUSUN GIRILOYO, WUKIRSARI, IMOGIRI, BANTUL, YOGYAKARTA

Oleh : APRIANI, NIM 12250120 (2019) UPAYA PAGUYUBAN BATIK TULIS GIRILOYO DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PENGRAJIN BATIK DI DUSUN GIRILOYO, WUKIRSARI, IMOGIRI, BANTUL, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (UPAYA PAGUYUBAN BATIK TULIS GIRILOYO DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PENGRAJIN BATIK DI DUSUN GIRILOYO, WUKIRSARI, IMOGIRI, BANTUL, YOGYAKARTA)
12250120_SEBELUM BAB_BAB I_BAB IV DAN DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PAGUYUBAN BATIK TULIS GIRILOYO DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PENGRAJIN BATIK DI DUSUN GIRILOYO, WUKIRSARI, IMOGIRI, BANTUL, YOGYAKARTA)
12250120_BAB II DAN BAB IIIpdf.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (692kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Upaya Paguyuban Batik Tulis Giriloyo Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Pengrajin Batik di Dusun Giriloyo, Wukirsari, Imogiri, Bantul, Yogyakarta”. Dalam penelitian ini peneliti menggambarkan bagaimana bagaimana “Upaya Paguyuban Batik Tulis Giriloyo” dalam Meningkatkan Kesejahteraan Pengrajin Batik Tulis dan faktor-faktor pemdukung serta penghambatnya.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualaitatif. Lokasi penelitian berada di Dusun Giriloyo, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Teori yang digunakan adalah teori kesejahteraan sosial. Dalam penelitian ini penulis akan menggambarkan dan menganalisis data yang diperoleh setelah wawancara, observasi dan dokumentasi guna mengetahui Peningkatan Kesejahteran Pengrajin Batik Tulis di Dusun Giriloyo serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Berdasaran penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa Paguyuban Batik Tulis di Dusun Giriloyo melakukan berbagai upaya dalam peningkatan Kesejahteraan para pengrajin batik tulis, memberikan motivasi dalam sebuah kegiatan sosial kemasyarakatan, perlu adanya interaksi yang memnghubungkan suatu individu dengan individu lainnya. Oleh karena itu untuk membangun sebuah masyarakat yang mandiri dan sejahtera, diperlukan dorongan semua pihak termasuk mereka yang ingin berkembang. Pemberdayaan dan Pelatihan SkillPemberdayaan merupakan sebuah proses yang dilakukan secara berkesinambungan guna mengembangkan daya (potensi) dan kemampuan yang terdapat dalam individu maupun kelompok masyarakat sehingga terjadinya proses transformasi sosial.Pendampingan Manajemen PaguyubanSetiap kelompok perlu merencanakan kegiatannya xi sendiri seperti melaksanakan pertemuan, melakukan pencatatan dan pelaporan, dan manajemen, pendampingan mampu membantu sebuah kelompok melahirkan sebuah sistem, kemudian mengatur sistem tersebut dan membentuk lembaga dalam managemennya sendiri. Pengurus paguyuban batik tulis Giriloyo terus melakukan upaya untuk meningkatkan pemasaran untuk nenunjang kerajian batik tulis Giriloyo. Sumberdaya manusia diarahkan pada bagian-bagian yang sesuai dengan bidang dan bakatnya agar seimbang dan sistematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H.Suisyanto,M.pd
Uncontrolled Keywords: Upaya, Batik tulis, Kesejahteraan
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 03 Dec 2019 14:19
Last Modified: 03 Dec 2019 14:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36777

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum