PELAKSANAAN PENGASUHAN ANAK DENGAN STANDAR NASIONAL DI BALAI REHABILITASI SOSIAL DAN PENGASUHAN ANAK UNIT BIMOMARTANI, NGEMPLAK, SLEMAN, YOGYAKARTA

RIZQATUL JAIDA, NIM : 13250032 (2019) PELAKSANAAN PENGASUHAN ANAK DENGAN STANDAR NASIONAL DI BALAI REHABILITASI SOSIAL DAN PENGASUHAN ANAK UNIT BIMOMARTANI, NGEMPLAK, SLEMAN, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN PENGASUHAN ANAK DENGAN STANDAR NASIONAL DI BALAI REHABILITASI SOSIAL DAN PENGASUHAN ANAK UNIT BIMOMARTANI, NGEMPLAK, SLEMAN, YOGYAKARTA)
13250032_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN PENGASUHAN ANAK DENGAN STANDAR NASIONAL DI BALAI REHABILITASI SOSIAL DAN PENGASUHAN ANAK UNIT BIMOMARTANI, NGEMPLAK, SLEMAN, YOGYAKARTA)
13250032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (741kB)

Abstract

Rizqatul Jaida (13250032) Pelaksanaan Pengasuhan Anak dengan Standar Nasional di Balai Rehabilitasi Sosial dan Pengasuhan Anak Unit Bimomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta. Skripsi : Prodi Ilmu Kesejahteraan Sosial Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Tahun 2019. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya standar nasional pengasuhan anak untuk LKSA yang mengungkapkan adanya aturan tentang pengasuhan anak didalam lembaga dengan mengukur pelaksanaan pengasuhan anak setelah menggunakan peraturan standar nasional, dengan adanya aturan tersebut proses pengasuhan dan hak anak asuh untuk mendapatkan pengasuhan terbaik merupakan tugas pokok dari suatu lembaga. Balai rehabilitasi sosial dan pengasuhan anak termasuk kedalam lembaga yang menggunakan standar nasional pengasuhan anak untuk LKSA. Balai rehabilitasi sosial dan pengasuhan anak merupakan salah satu lembaga yang memberikan layanan pengasuhan anak, fasilitas kebutuhan dasar, dan keamanan bagi anak. Lembaga ini juga tidak hanya memberikan kebutuhan apa yang dibutuhkan oleh anak, akan tetapi lembaga ini juga melakukan berbagai kegiatan yang di dasari untuk kepentingan anak dan proses pengasuhan anak dengan berbagai kegiatan yang ada dilembaga. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang berlokasi di Balai Rehabilitasi Sosial dan Pengasuhan Anak(BRSPA) Unit bimomartani,Ngemplak, Sleman, Yogyakarta. Sedangkan subjeknya adalah pekerja sosial, pramu sosial, anak-anak yang diasuh dan tinggal di asrama BRSPA, serta staff kantor Balai Rehabilitasi Sosial dan Pengasugan Anak. Objek penelitiannya yaitu pengasuhan yang dilakukan oleh pekerja sosial maupun pramu sosial di BRSPA. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi murni, wawancara terhadap pekerja sosial, wawamcara pramu sosial, wawancara staff kantor BRSPA, dan anak, dengan teknik purposive sampling, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mnunjukan bahwa 1) Balai Rehabilitasi Sosial dan Pengasuhan Anak sudah menggunakan Standar Nasional Pengasuhan Anak untuk LKSA sejak 2012 lalu. Keefektifan dalam pengasuhan anak dengan standar nasional sudah berjalan dengan baik xii sesuai dengan peraturan pemensos no.30 tahun 2011 tentang standar nasional pengasuhan sosia anak untuk LKSA. 2) faktor pendukungnya dari program ini ialah pendampingan dari lembaga save the chilren(namun sekarang sudah dihapus), SDM pekerja sosial yang melakuan pengasuhan anak dibantu oleh pramu sosial yang ada di Balai Rehabilitasi Sosial dan Pengasuhan Anak, serta dukungan dari semua staff yang berada di Balai Rehabilitasi Sosial dan Pengasuhan Anak. Sedangkan untuk faktor penghambat yaitu keterbatasan waktu pengasuhan, beban tugas pekerja sosial, dan jauhnya jarak tempuh untuk lokasi BRSPA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Siti Solechah, S.Sos.I.,M.Si.
Uncontrolled Keywords: Standar Nasional Pengasuhan anak, Pengasuhan Anak, Pelaksanaan
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 03 Dec 2019 14:26
Last Modified: 03 Dec 2019 14:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36778

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum