DUKUNGAN FAMILY CAREGIVER TERHADAP ORANG DENGAN SKIZOFRENIA DI DESA PETIR KECAMATAN RONGKOP KABUPATEN GUNUNGKIDUL

YENI YUSTIYANI, NIM 14250022 (2019) DUKUNGAN FAMILY CAREGIVER TERHADAP ORANG DENGAN SKIZOFRENIA DI DESA PETIR KECAMATAN RONGKOP KABUPATEN GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (DUKUNGAN FAMILY CAREGIVER TERHADAP ORANG DENGAN SKIZOFRENIA DI DESA PETIR KECAMATAN RONGKOP KABUPATEN GUNUNGKIDUL)
14250022_SEBELUM-BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (DUKUNGAN FAMILY CAREGIVER TERHADAP ORANG DENGAN SKIZOFRENIA DI DESA PETIR KECAMATAN RONGKOP KABUPATEN GUNUNGKIDUL)
14250022_BAB-II_sampai_BAB-III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Dukungan Family Caregiver Terhadap Orang Dengan Skizofrenia Di Desa Petir Kecamatan Rongkop Kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini dilakukan mengingat munculnya berbagai macam fenomena permasalahan dalam kehidupan masyarakat yang semakin meningkat. Salah satunya adalah gangguan jiwa skizofrenia. Gangguan jiwa skizofrenia merupakan salah satu bentuk gangguan mental yang menimbulkan gejala kejiwaan berupa perubahan sikap, pikiran, dan perilaku menyimpang dimana penderita tidak mampu lagi berfungsi secara sosial sebagai individu yang produktif dan berkualitas. Oleh karena itu, dukungan keluarga yang berhubungan dengan kesehatan sosial penderita sangat diperlukan untuk membantu kepulihannya. Dukungan tersebut dapat diperoleh dari pihak lain khususnya anggota keluarga maupun kerabat dekat yang peduli (caregiver) terhadap penderita skizofrenia. Dari pernyataan diatas peneliti mengajukan pertanyaan sebagai rumusan masalah yaitu bagaimana bentuk dukungan family caregiver terhadap penderita skizofrenia di Desa Petir Kecamatan Rongkop Kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Peneliti mengumpulkan data dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi diperoleh dengan mengamati apa yang terjadi di lapangan serta mengamati kegiatan apa saja yang dilakukan oleh penderita selama melakukan masa kepulihannya di rumah. Peneliti memperoleh data wawancara dari informan seperti tiga keluarga caregiver, tiga klien, satu ketua Lentera Jiwa, dan satu perawat Puskesmas. Serta dokumentasi digunakan untuk mendukung pengamatan dan cross check data terkait dengan keluarga caregiver klien. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa keluarga memberikan dukungan kepada penderita skizofrenia dalam berbagai bentuk dukungan. Bentuk dukungan tersebut yaitu dukungan material, pemenuhan kebutuhan dasar berupa tempat tinggal; makanan; bantuan keuangan atau fungsi ekonomi, dukungan informasi berupa penjelasan cara minum obat dan melakukan aktivitas sehari-hari serta nasehat, dukungan emosional berupa penerimaan keluarga terhadap penderita skizofrenia dan tersediannya xii waktu luang keluarga untuk mengantarkan berobat, dan dukungan tak terlihat/ penilaian berupa umpan balik untuk memperkuat perilaku positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Abidah Muflihati, S.Th.I, M.Si
Uncontrolled Keywords: masalah skizofrenia, dukungan keluarga
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 04 Dec 2019 08:10
Last Modified: 04 Dec 2019 08:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36782

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum