INTERVENSI GENERALIS TERHADAP PASIEN DENGAN GANGGUAN SKIZOFRENIA: (SUATU PENDEKATAN RISET AKSI) (Studi Kasus di Dusun Warak, Desa Girisekar, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta)

AUFA DHIA KHAIRUNNISA, ’NIM. 15250002 (2019) INTERVENSI GENERALIS TERHADAP PASIEN DENGAN GANGGUAN SKIZOFRENIA: (SUATU PENDEKATAN RISET AKSI) (Studi Kasus di Dusun Warak, Desa Girisekar, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (INTERVENSI GENERALIS TERHADAP PASIEN DENGAN GANGGUAN SKIZOFRENIA: (SUATU PENDEKATAN RISET AKSI) (Studi Kasus di Dusun Warak, Desa Girisekar, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta))
15250002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (INTERVENSI GENERALIS TERHADAP PASIEN DENGAN GANGGUAN SKIZOFRENIA: (SUATU PENDEKATAN RISET AKSI) (Studi Kasus di Dusun Warak, Desa Girisekar, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta))
15250002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Intervensi Generalis Terhadap Pasien dengan Gangguan Skizofrenia: (Suatu Pendekatan Riset Aksi). (Studi Kasus di Dusun Warak, Desa Girisekar, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, DIY). Skripsi. Yogyakarta: Program studi Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Jumlah pasien dengan gangguan jiwa di Gunung Kidul cukup tinggi, bahkan pada tahun 2018 masih tedapat 21 penderita gangguan jiwa yang mengalami pemasungan menunjukkan bahwa pentingnya menindaklanjuti intervensi generalis kepada salah satu mantan pasien penderita gangguan skizofrenia yang tinggal di Gunung Kidul dengan pendekatan riset aksi. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan intervensi generalis terhadap pasien dengan gangguan skizofrenia dan penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan cara pelaksanaan intervensi generalis terhadap pasien dengan gangguan skizofrenia. Penelitian ini menggunakan teori gangguan jiwa, skizofrenia dan intervensi generalis dengan metode pendekatan kualitatif. Adapun subyek penelitian ini terdiri dari enam orang informan yang berhubungan dengan penelitian yang akan dilakukan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memilih data yang diperlukan, penyajian data, dan penarikan kesimpulan sehingga dapat menjawab dari rumusan masalah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tujuh tahapan proses intervensi yang terdiri dari engagement, assessment, planning, pelaksanaan intervensi, evaluasi, terminasi serta follow-up dapat dilalui klien dengan baik. Setelah mengikuti seluruh sesi intervensi, baik klien maupun orang-orang disekitarnya kini bisa lebih berfungsi secara sosial dari sebelumnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Andayani, S.IP, MSW
Uncontrolled Keywords: gangguan jiwa, skizofrenia, intervensi generalis
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 04 Dec 2019 08:25
Last Modified: 04 Dec 2019 08:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36785

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum