FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PERCERAIAN DIKALANGAN TENAGA KERJA WANITA (TKW) (Studi Kasus di Desa Sidayu, Kecamatan Binangun, Kabupaten Cilacap)

Resti Yuhanita, NIM. 15250012 (2019) FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PERCERAIAN DIKALANGAN TENAGA KERJA WANITA (TKW) (Studi Kasus di Desa Sidayu, Kecamatan Binangun, Kabupaten Cilacap). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PERCERAIAN DIKALANGAN TENAGA KERJA WANITA (TKW) (Studi Kasus di Desa Sidayu, Kecamatan Binangun, Kabupaten Cilacap))
15250012_BAB-I_IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PERCERAIAN DIKALANGAN TENAGA KERJA WANITA (TKW) (Studi Kasus di Desa Sidayu, Kecamatan Binangun, Kabupaten Cilacap))
15250012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (468kB) | Preview

Abstract

RESTI YUHANITA. Faktor-faktor Penyebab Perceraian Di Kalangan Tenaga Kerja Wanita (TKW) (Studi Kasus di Desa Sidayu Kecamatan Binangun Kabupaten Cilacap). Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Wanita bekerja mencurahkan waktunya dipengaruhi oleh pendapatan dalam keluarga. Ini disebabkan pendapatan suami kurang memenuhi kebutuhan keluarga, maka wanita sebagai isteri membantu suami dengan cara bekerja. Dalam memilih sebuah pekerjaan, para wanita pada khususnya memutuskan untuk bekerja di luar negeri. Berangkatnya TKW ke luar negeri memberikan dampak positif bagi peningkatan ekonomi keluarga. Keberadaan pasangan yang berjarak sangat jauh juga menimbulkan hubungan keluarga kurang harmonis karena berkurangnya intesitas komunikasi, hingga menyebabkan perceraian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab perceraian dikalangan TKW di Desa Sidayu Kecamatan Binangun Kabupaten Cilacap. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Sifat penelitiannya adalah deskriptif-kualitatif. Menganalisis mengenai faktor pendorong perempuan menjadi TKW dan faktor-faktor penyebab perceraian pada TKW di Desa Sidayu Kecamatan Binangun Kabupaten Cilacap. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive. Sampel yang diambil yaitu salinan putusan dan penetapan dari KUA Binangun dan warga Desa Sidayu Binangun Cilacap. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor penyebab perceraian dikalangan TKW di Desa Sidayu Kecamatan Binangun Kbupaten Cilacap, yaitu (1) faktor ekonomi, (2) faktor kurangnya komunikasi antarpasangan, (3) suami tidak bertanggungjawab, (4) faktor budaya dan (5) faktor lingkungan. Faktor utama dari ke empat faktor tersebut yaitu faktor ekonomi dan kurangnya komunikasi antarpasangan yang menimbulkan perselisihan hingga memutuskan untuk bercerai. Perceraian menimbulkan dampak yang negatif bagi anak-anak, mereka menjadi tidak dekat dengan orang tuanya serta keluarga dari salah satu orang tua. Sedangkan untuk pasangan yang bercerai menjadikan ada trauma untuk menjalin hubungan baru dengan orang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Andayani, S.IP, MSW
Uncontrolled Keywords: TKW, Perceraian.
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 04 Dec 2019 08:33
Last Modified: 04 Dec 2019 08:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36786

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum