PARTISIPASI LAKI-LAKI DALAM MEREALISASIKAN PROGRAM KELUARGA BERENCANA di KAMPUNG KB DUSUN JAMBUSARI, SIDAYU, BINANGUN, CILACAP

Juni Ayuning Subekti, NIM.15250013 (2019) PARTISIPASI LAKI-LAKI DALAM MEREALISASIKAN PROGRAM KELUARGA BERENCANA di KAMPUNG KB DUSUN JAMBUSARI, SIDAYU, BINANGUN, CILACAP. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PARTISIPASI LAKI-LAKI DALAM MEREALISASIKAN PROGRAM KELUARGA BERENCANA di KAMPUNG KB DUSUN JAMBUSARI, SIDAYU, BINANGUN, CILACAP)
15250013_BAB I-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PARTISIPASI LAKI-LAKI DALAM MEREALISASIKAN PROGRAM KELUARGA BERENCANA di KAMPUNG KB DUSUN JAMBUSARI, SIDAYU, BINANGUN, CILACAP)
15250013_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (639kB)

Abstract

Partisipasi Laki-laki dalam Merealisasikan Program Keluarga Berencana di Kampung KB Dusun Jambusari Sidayu Binangun Cilacap. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengatasi peningkatan jumlah penduduk dilakukan birth control(mengontrol kelahiran) dengan cara ber-KB (Keluarga Berencana). Namun dengan melihat pengguna KB yang semakin menurun maka dari pemerintah membuat suatu program dengan diadakannya Kampung KB. Dusun Jambusari adalah salah satu dusun yang terpilih sebagai Kampung KB. Untuk merealisasikan program-program yang ada di Kampung KB Jambusari maka diperlukannya partisipasi masyarakat untuk mendukung agar program dapat berjalan dengan baik. Peneliti tertarik untuk meneliti terkait dengan partisipasi laki-laki dalam merealisasikan program Kampung KB Jambusari, sebab biasanya KB identik dengan bagian dari perempuan. Dusun Jambusari sebagai Kampung KB peneliti ingin mengetahui bagaimana partisipasi laki-laki mengenai program KB di dusun tersebut. Dalam penelitian ini dirumaskan satu pertanyaan penelitian bagaimana partisipasi laki-laki dalam merealisasikan program keluarga berencana di Kampung KB Jambusari Desa Sidayu. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan megenai partisipasi laki-laki dalam Kampung KB Jambusari. Untuk membantu pengmpulan data peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menentukan informan peneliti menggunakan sampling purposive pengambilan sample dengan mempertimbangkan hal tertentu. Sampel yang diambil yaitu laki-laki yang ber-KB dan tidak ber-KB, perempuan yang ber-KB maupun yang tidak ber-KB dan warga Dusun Jambusari. Dalam penelitian ini hasil yang didapat di lapangan terdapat mengenai partisipasi laki-laki dalam merealisasikan Kampung KB laki-laki antara lain (1) partisipasi dalam pengambilan keputusan berupa mengikuti dialog komunitas dalam membahas terbentuknya program Kampung KB, (2) partisipasi dalam pelaksanaan program berupa ikut sertanya laki-laki dalam merealisasikan program Kampung KB Jambusari seperti penggunaan alat kontrasepsi, (3) partisipasi dalam memperoleh manfaat berupa keuntungan dalam mengikuti program Kampung KB Jambusari. Selain itu peneliti juga menemukan sebab terjadinya rendahnya partisipasi laki-laki dalam program KB.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Andayani, S.I.P, MSW
Uncontrolled Keywords: Partisipasi laki-laki, Program Kampung KB
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 04 Dec 2019 08:39
Last Modified: 04 Dec 2019 08:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36787

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum