CITRA PARTAI KEADILAN SEJAHTERA SEBAGAI PARTAI POLITIK ISLAM DALAM TAYANGAN MATA NAJWA EPISODE GARA-GARA TAGAR

Muh Ardini Khairun Rijal, NIM. 15210038 (2019) CITRA PARTAI KEADILAN SEJAHTERA SEBAGAI PARTAI POLITIK ISLAM DALAM TAYANGAN MATA NAJWA EPISODE GARA-GARA TAGAR. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI.

[img]
Preview
Text (CITRA PARTAI KEADILAN SEJAHTERA SEBAGAI PARTAI POLITIK ISLAM DALAM TAYANGAN MATA NAJWA EPISODE GARA-GARA TAGAR)
15210038_BAB I, BAB IV.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img] Text (CITRA PARTAI KEADILAN SEJAHTERA SEBAGAI PARTAI POLITIK ISLAM DALAM TAYANGAN MATA NAJWA EPISODE GARA-GARA TAGAR)
15210038_BAB II - BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Menjelang Pemilihan presiden tahun 2019 partai-partai politik tengah disibukkan dengan agenda-agenda politik yang telah disiapkan menjelang pemilihan presiden tahun 2019. Kegiatan politik yang dilakukan oleh partai politik ini memberikan pengaruh terhadap masyarakat. Partai Keadilan Sejahtera sebagai partai politik islam melalui kadernya yaitu Mardani Ali Sera telah menginisiatori gerakan tagar 2019 ganti presiden yang diyakini mampu untuk menarik masyarakat dalam memilih pilihan presiden yang diusung oleh partai keadilan sejahtera. Namun, ditengan agenda yang dilakukan oleh gerakan ini kerap mendapat pro dan kontra dari masyarakat. Tidak sedikit pula masyarakat Indonesia yang menolak gerakan ini. Melihat konflik yang terjadi karena gerakan ini, program talkshow Mata Najwa membuat sebuah talkshow yang berjudul Gara-Gara Tagar. Adapun tujuan dari adanya penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembentukan citra Partai Keadilan Sejahtera melalui tayangan talkshow yang ada dalam program stasiun TV. Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif dan proses pengumpulan datanya diperoleh dari pengamatan terhadap beberapa segmen yang mengandung Citra Partai Keadilan Sejahtera, setelah itu dilakukan dokumentasi terhadap pengamatan yang dilakukan. Teori semiotika menurut Charles Sanders Pierce merupakan sebuah nama logika yakni dokrin formal tentang tanda. Yang menjadi dasar dari semiotika adalah konsep tentang tanda, tak hanya bahasa dan sistem komunikasi yang tersusun oleh tanda-tanda, melainkan dunia itu sendiri, sejauh dengan yang terkait dengan pikiran manusia. Hasil dari penelitian ini adalah untuk mewujudkan proses pembentukan citra Partai Keadilan Sejahtera melalui pengamatan dokumentasi, maka dapat disimpulkan bahwa proses pembentukan citra yang terjadi dalam tayangan Mata Najwa oleh seorang politikus dari Partai Keadilan Sejahtera bisa digambarkan melalui tehnik pengumpulan data analisis semiotika Charles Sanders Pierce melalui empat proses pembentukan citra oleh soleh soemirat dan elvinaro ardianto yaitu : Persepsi, Kognisi, Sikap dan Motif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj.Evi Septiani Tavip Hayati, M.Si
Uncontrolled Keywords: Citra, Partai Keadilan Sejahera, Tayangan Mata Najwa episode Gara-Gara Tagar.
Subjects: Komunikasi Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 04 Dec 2019 09:06
Last Modified: 04 Dec 2019 09:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36792

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum