DAMPAK PEMBANGUNAN KAWASAN EKONOMI KHUSUS TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI DESA KUTA PUJUT LOMBOK TENGAH NUSA TENGGARA BARAT

LALU MUHAMMAD RIDHO FIRMANSYAH, NIM: 15250019 (2019) DAMPAK PEMBANGUNAN KAWASAN EKONOMI KHUSUS TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI DESA KUTA PUJUT LOMBOK TENGAH NUSA TENGGARA BARAT. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (DAMPAK PEMBANGUNAN KAWASAN EKONOMI KHUSUS TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI DESA KUTA PUJUT LOMBOK TENGAH NUSA TENGGARA BARAT)
15250019_BAB I_IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (DAMPAK PEMBANGUNAN KAWASAN EKONOMI KHUSUS TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI DESA KUTA PUJUT LOMBOK TENGAH NUSA TENGGARA BARAT)
15250019_BAB II_sampai_SEBELUM_BAB_ TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Desa Kuta memiliki kekayaan alam serta pemandangan yang indah, oleh sebab itu Kuta ditetapkan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang diberi nama KEK Mandalika zona pariwisata. KEK Mandalika memberikan dampak terhadap peumbuhan dan kesejahteraan masyarakat. Namun dalam pembangunan ini memiliki permasalahan seperti kurangnya dukungan bagi masyarakat yang tidak memiliki pandangan luas terkait kesejahteraan bersama. Pembangunan merupakan suatu usaha perubahan yang berencana dilakukan secara sadar oleh suatu bangsa, negara, dan pemerintah menuju modernitas dalam rangka pembinaan bangsa. Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dapat dijadikan sebagai solusi pendorong perekonomian daerah bahkan nasional. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai Maret 2019 dengan tujuan untuk membahas dampak sosial yang terjadi kepada masyarakat akibat dari pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang terletak di Desa Kuta Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah Provinsi Nusa Tenggara Barat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitiannya adalah 14 orang termasuk Kepala Desa dan Humas Indonesia Tourism Depelovment Corporation (ITDC) yang sangat berperan dalam hubungan kerjasama antar masyarakat desa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu dengan sumber-sumber yang ada. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, model data, dan penarikan kesimpulan. Dengan menampilkan berbagai macam keindahan alam dan pembangunan di daerah Kuta guna memikat hati turis domestik maupun mancangara, sedangkan strategi yang diandalkan oleh masyarakat yang kurang dalam sumber daya manusia (SDM) adalah memanfaatkan pembangunan tersebut untuk menciptakan lapangan pekerjaan sendiri sehingga terciptanya kesejahteraan bersama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Zainudin, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Dampak, Pembangunan, Kesejahteraan
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 04 Dec 2019 09:15
Last Modified: 04 Dec 2019 09:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36793

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum