INTERAKSI SOSIAL PADA KOMUNITAS PETERNAK BURUNG CAFE LOVE BIRD KOMUNITAS (CLBK) TEAM YOGYAKARTA DALAM PENINGKATAN KESEJAHTERAAN SOSIAL

Agung Budi Prasetya, NIM 15250043 (2019) INTERAKSI SOSIAL PADA KOMUNITAS PETERNAK BURUNG CAFE LOVE BIRD KOMUNITAS (CLBK) TEAM YOGYAKARTA DALAM PENINGKATAN KESEJAHTERAAN SOSIAL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (INTERAKSI SOSIAL PADA KOMUNITAS PETERNAK BURUNG CAFE LOVE BIRD KOMUNITAS (CLBK) TEAM YOGYAKARTA DALAM PENINGKATAN KESEJAHTERAAN SOSIAL)
BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (INTERAKSI SOSIAL PADA KOMUNITAS PETERNAK BURUNG CAFE LOVE BIRD KOMUNITAS (CLBK) TEAM YOGYAKARTA DALAM PENINGKATAN KESEJAHTERAAN SOSIAL)
15250043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Februari 2019 sampai bulan Juni 2019 dengan tujuan untuk mengetahui interaksi sosial yang ada di dalam komunitas peternak burung lovebird CLBK Team Yogyakarta. Penulis memilih untuk meneliti CLBK karena komunitas ini merupakan perkumpulan dari peternak, penjual dan jasa loloh burung lovebird. Hal tersebut memberikan kerja sama yang positif dalam usaha peternakan yang dilakukan. Kerja sama yang terjadi tersebut karena adanya interaksi sosial sebagaimana yang menjadi kajian dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskripstif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 15 orang yang tergabung dalam komunitas CLBK Team yang meliputi pendiri, pengurus, dan anggota. Objek penelitian ini adalah interaksi sosial dalam komunitas CLBK Team Yogyakarta. Metode yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Sedangkan tenik analisis data dengan dengan reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan, yaitu terdapat interaksi sosial asosiatif dan disosiatif dalam komunitas CLBK Team. Dari kedua interaksi tersebut, interaksi yang dominan adalah interaksi asosiatif karena adanya interaksi sosial yang bertujuan untuk mengembangkan ternak anggota komunitas CLBK Team dengan saling kerja sama yang menguntungkan semua anggota dalam peningkatan kesejahteraan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Suisyanto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Interaksi Sosial, Komunitas CLBK Team Yogyakarta, Burung Lovebird
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 04 Dec 2019 09:37
Last Modified: 04 Dec 2019 09:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36796

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum