RETORIKA DAKWAH USTADZ JOHAN SAPUTRA HALIM, M.H.I. DALAM PROGRAM CERAMAH SINGKAT DI CHANNEL YOUTUBE YUFID TV

Musthofiyatil Munduniyah, NIM. 15210047 (2019) RETORIKA DAKWAH USTADZ JOHAN SAPUTRA HALIM, M.H.I. DALAM PROGRAM CERAMAH SINGKAT DI CHANNEL YOUTUBE YUFID TV. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI.

[img]
Preview
Text (RETORIKA DAKWAH USTADZ JOHAN SAPUTRA HALIM, M.H.I. DALAM PROGRAM CERAMAH SINGKAT DI CHANNEL YOUTUBE YUFID TV)
15210047_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (RETORIKA DAKWAH USTADZ JOHAN SAPUTRA HALIM, M.H.I. DALAM PROGRAM CERAMAH SINGKAT DI CHANNEL YOUTUBE YUFID TV)
15210047_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Kegiatan dalam berdakwah tentu sangat diperlukan ilmu retorika di dalamnya. Adapun retorika merupakan suatu seni berbicara. Penyampaian dakwah yang paling banyak dilakukan saat ini adalah menggunakan metode ceramah atau secara lisan, dan dengan memanfaatkan media sosial sebagai media dakwahnya, salah satunya dengan menggunakan media Youtube. Seperti yang dilakukan oleh Ustadz Johan Saputra Halim, M.H.I. yang melakukan ceramah pada program ceramah singkat di channel Youtube Yufid TV yang banyak diminati oleh para khalayak, yang dibuktikan dengan banyaknya viewer dari setiap video ceramah singkatnya. Dari persoalan tersebut, peneliti akan mengkaji mengenai retorika dakwah Ustadz Johan Saputra Halim, M.H.I. yang dilihat dari bentuk penggunaan bahasa, bentuk susunan pesan, serta bentuk persuasif yang digunakan dalam video ceramah singkat di channel Youtube Yufid TV. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian analisis isi. Metode pengumpulan dalam penelitian ini adalah dengan menggunkan metode dokumentasi. Data sekunder dalam penelitian ini adalah video ceramah singkat Ustadz Johan Saputra Halim, M.H.I. di channel Youtube Yufid TV. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah dengan menggunakan analisis semiotik model Ferdinand De Saussure. Hasil penelitian ini menghasilkan kesimpulan yang menunjukkan bahwa Ustadz Johan Saputra Halim, M.H.I. dalam program ceramah singkat di channel Youtube Yufid TV telah menggunakan retorika dakwah dengan cukup baik. Retorika yang digunakan Ustadz Johan Saputra Halim, M.H.I. dalam bentuk penggunaan bahasa yaitu dari segi gaya bahasa adalah gaya bahasa percakapan, dan dari segi langgam adalah langgam agama, langgam agitator, langgam conversatie, dan langgam didaktik. Kemudian dari bentuk susunan pesan yang digunakan yaitu dari segi komposisi pidato adalah kesatuan, pertautan, dan titik berat, serta dari segi organisasi pesan adalah deduktif, induktif, logis, kronologis, dan spasial. Kemudian bentuk persuasif yang digunakan adalah imbauan rasional, imbauan takut, imbauan ganjaran, dan imbauan motivasional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Mokh. Sahlan, M.si.
Uncontrolled Keywords: Retorika Dakwah, Ustadz Johan Saputra Halim, M.H.I., Program Ceramah Singkat, Yufid TV.
Subjects: Komunikasi Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 04 Dec 2019 10:08
Last Modified: 04 Dec 2019 10:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36800

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum