RETORIKA DAKWAH USTADZ FELIX SIAUW DI DALAM SIARAN DAKWAH MELALUI INSTAGRAM @FELIXSIAUW

Arifin Suryo Tri Anggoro, NIM 15210054 (2019) RETORIKA DAKWAH USTADZ FELIX SIAUW DI DALAM SIARAN DAKWAH MELALUI INSTAGRAM @FELIXSIAUW. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI.

[img]
Preview
Text (RETORIKA DAKWAH USTADZ FELIX SIAUW DI DALAM SIARAN DAKWAH MELALUI INSTAGRAM @FELIXSIAUW)
15210054_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (RETORIKA DAKWAH USTADZ FELIX SIAUW DI DALAM SIARAN DAKWAH MELALUI INSTAGRAM @FELIXSIAUW)
15210054_BAB II_S.D_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Tercatat di tahun 2018 pengguna Instagram mencapai 800 juta pengguna. Dan Indonesia aplikasi tersebut menempati urutan ke empat sebagai aplikasi yang sering digunakan. Maka dakwah melalui Instagram dinilai sebagai media baru dalam berdakwah. Salah satu ustadz terkenal di Indonesia ustadz Felix Siauw memiliki akun Instagram dengan pengikut lebih dari 3,2 juta. Penelitian ini menganalisis retorika dakwah Ustadz Felix Siauw di akun instagram @felisiauw. Untuk menjawab rumusan masalah bagaimana retorika dakwah Ustadz Felix Siauw di dalam siaran dakwah melalui akun instagram @felixsiauw Penelitian ini menggunakan teori gaya bahasa yang meliputi gaya ta’lim dan tarbiyah, tazkir dan tanbih, targhib dan tabsyir, tarhib dan inzar, qashash dan riwayat, amar dan nahi. Gaya suara yang meliputi pitch, loudness, rate dan rhytm. Dan juga gaya gerak tubuh yang meliputi sikap badan, penampilan, pakaian, ekpresi wajah, gerak tangan, dan juga pandangan mata. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif, dengan analisis isi dengan penyajian model Miles and Huberman dimana penelitian melewati tiga proses yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini gaya bahasa retorika beliau di dominasi dengan gaya bahsa ta’lim dan tarbiyah, karena secara garis besar materi yang beliau sampaikan ada pembelajaran dan ingin mengajak dan membuat sadar mad’u kepada aqidah dan Syariah yang benar . Untuk Gaya suara beliau menggunakan pitch tinggi,rendah dan datar. Loudness keras dan sedang, irama yang lambat dan agak cepat. Dengan retorika tersebut menghasilkan retorika yang sesuai denga isi pesan dan mempermudah mad’u untuk menerima pesan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. Anisah Indriati, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Retorika Dakwah, Instagram, Ustadz Felix Siauw
Subjects: Komunikasi Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 04 Dec 2019 13:50
Last Modified: 04 Dec 2019 13:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36804

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum