KONSTRUKSI BERITA TENTANG KAMPANYE PEMILU PRESIDEN DI PESANTREN DALAM PROGRAM BERITA DI TV ONE PERIODE SEPTEMBER-OKTOBER 2018

Syaiful Maulana, NIM 15210064 (2019) KONSTRUKSI BERITA TENTANG KAMPANYE PEMILU PRESIDEN DI PESANTREN DALAM PROGRAM BERITA DI TV ONE PERIODE SEPTEMBER-OKTOBER 2018. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI.

[img]
Preview
Text (KONSTRUKSI BERITA TENTANG KAMPANYE PEMILU PRESIDEN DI PESANTREN DALAM PROGRAM BERITA DI TV ONE PERIODE SEPTEMBER-OKTOBER 2018)
15210064_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (KONSTRUKSI BERITA TENTANG KAMPANYE PEMILU PRESIDEN DI PESANTREN DALAM PROGRAM BERITA DI TV ONE PERIODE SEPTEMBER-OKTOBER 2018)
15210064_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Hasil penetrasi televisi dari survey yang dilakukan oleh Neilsen pada tahun 2017 televisi menduduki peringkat pertama dengan hasil 96 persen. Televisi juga menghasilkan program acara-program acara seperti program berita dan program non berita. Program berita yang di produksi media ini memiliki proses yang dinamakan konstruksi. Berita yang di konstruksi dibuat wartawan dan para pimpinan redaksi yang selanjutnya ditayangkan kepada masyarakat. Penelitian ini mengunakan Analisis Wacana Kritis dari Fairclough, berdasarkan 3 unsur kerangka teori yaitu fungsi agenda setting, strategi framing dan fungsi bahasa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini diambil dari tayangan berita tentang kampanye di pesantren pada program berita di TV One periode September-Oktober melalui akun resmi channel youtube TV One. Program berita TV One dalam memberitakan tentang kampanye Pemilu presiden tidak memiliki porsi yang sama antar kedua pasangan calon. Kesimpulannya adalah ada 4 program berita yaitu Kabar Pagi, Kabar Siang, Kabar Petang dan Kabar Pemilu. Dari keseluruhan program berita tersebut hanya terdapat 10 berita tentang kampanye Pemilu Presiden di pesantren. Tayangan Kabar Pagi memberitakan 2 berita dilanjut Kabar Siang 3 berita, Kabar Petang 3 berita dan Kabar Pemilu 2 berita. Tayangan yang memberitakan kampanye KH Ma’ruf Amin ada 5 berita, tentang kampanye Prabowo-Sandi ada 1 berita sementara tentang Prabowo saja ada 2 berita dan 2 berita netral sementara Joko Widodo tidak pernah diberitakan. Hal ini menunjukan bahwa berita 01 lebih unggul dalam jumlah tayangan, perlakuan atas peristiwa dan kelengkapan beritanya. Program berita di TV One selalu mengaitkan kunjungan Ma’ruf Amin ke pesantren dengan Pilpres 2019 seperti penyampaian visi misi, mohon doa restu dan dukungan dari warga pesantren. Condongnya program berita di TV One dalam memberitakan KH Ma’ruf Amin didasari atas dorongan pribadi seperti apa yang dikatakan Asisten Produser dari salah satu program berita di TV One di samping itu ada salah satu Komisaris TV One yang menjadi Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf yaitu Erick Thohir. Walaupun ada instruksi dari Pimpinan Redaksi untuk netral tapi tetap pimpinan tertinggi berada di Komisaris.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H.M. Kholili, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Analisis Wacana Kritis, Kampanye Pemilu Presiden 2019, Program Berita di TV One.
Subjects: Komunikasi Budaya
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 05 Dec 2019 08:16
Last Modified: 05 Dec 2019 08:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36810

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum