PENGARUH INTENSITAS MENONTON TAYANGAN VIDEO DI AKUN INSTAGRAM USTADZ HANAN ATTAKI TERHADAP RELIGIUSITAS SISWA-SISWI ROHIS AL-HIDAYAH SMKN 1 SUBANG

Tita Rochmatul Nurjanah, NIM 15210073 (2019) PENGARUH INTENSITAS MENONTON TAYANGAN VIDEO DI AKUN INSTAGRAM USTADZ HANAN ATTAKI TERHADAP RELIGIUSITAS SISWA-SISWI ROHIS AL-HIDAYAH SMKN 1 SUBANG. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI.

[img]
Preview
Text (PENGARUH INTENSITAS MENONTON TAYANGAN VIDEO DI AKUN INSTAGRAM USTADZ HANAN ATTAKI TERHADAP RELIGIUSITAS SISWA-SISWI ROHIS AL-HIDAYAH SMKN 1 SUBANG)
15210073_BAB_1_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH INTENSITAS MENONTON TAYANGAN VIDEO DI AKUN INSTAGRAM USTADZ HANAN ATTAKI TERHADAP RELIGIUSITAS SISWA-SISWI ROHIS AL-HIDAYAH SMKN 1 SUBANG)
15210073_BAB_II_S.D_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (7MB)

Abstract

Kemajuan teknologi media telah melahirkan sebuah media komunikasi baru (new media), salah satunya adalah media social. Media social memiliki dampak bagi masyarakat. Salah satu media social yang tengah popular di kalangan masyarakat saat ini adalah media social instagram terutama di kalangan remaja. Media social instagram digunakan untuk mencari berbagai informasi seperti lowongan kerja, berita ter-update, fashion, online shop bahkan mencari pengetahuan agama pada akun-akun dakwah Islam. Ustadz Hanan Attaki merupakan salah satu pendakwah yang menyampaikan pesan-pesan dakwah melalui media social instagram pribadinya. Tidak sedikit remaja yang menjadi followers akun instagram beliau dan seringkali me-repost video dakwah @hanan_attaki di akun social pribadinya. Isi dari video dakwah beliau erat berkaitan dengan kehidupan sehari-hari terutama bagi para remaja. Tingkat religiusitas masing-masing remaja berbeda-beda tergantung pada tingkat intensitas menonton tayangan video tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif survei dengan format penelitian kuantitatif eksplansif survei. Populasi pada penelitian ini adalah siswa siswi ROHIS Al-Hidayah SMKN 1 Subang yang berjumlah 35 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan menyebarkan kuesioner kepada responden sebagai data primer dan wawancara serta dokumentasi sebagai data sekunder. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji analisis regresi linier sederhana serta uji hipotesis dengan menggunakan rumus korelasi Pearson Product Moment untuk mencari hubungan antara variabel menonton dengan variabel religiusitas. Sedangkan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang ditimbulkan dari intensitas menonton tayangan video di akun intsagram @hanan_attaki terhadap religiusitas ROHIS peneliti melihat nilai R square atau R2 pada output SPSS bagian table Model Summary. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa Hipotesis Nol (Ho) ditolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima, dikarenakan nilai signifikansi lebih kecil dari 0.05 yaitu 0.003 < 0.05, maka dari itu dapat dikatakan bahwa ada pengaruh dari menonton tayangan video di akun instagram @hanan_attaki terhadap religiusitas siswa siswi ROHIS Al—Hidayah SMKN 1 Subang. Kemudian untuk uji korelasi pearson product moment yang menghasilkan korelasi kedua variabel, yaitu variabel intensitas menonton dengan variabel religiusitas termasuk dalam kategori cukup, dikarenakan hasil dari perhitungan uji korelasi adalah sebesar 0.515 termasuk dalam kriteria penafsiran korelasi 0.400 – 0.599 berkorelasi cukup. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang cukup dari menonton tayangan video di akun instagram @hanan_attaki terhadap tingkat religiusitas siswa siswi ROHIS Al-Hidayah SMKN 1 Subang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Saptoni, S.Ag., M.A.
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Intensitas Menonton Tayangan Video dan Religiusitas
Subjects: Komunikasi Budaya
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 05 Dec 2019 09:24
Last Modified: 05 Dec 2019 09:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36825

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum