SEKOLAH BERBASIS PESANTREN Studi tentang Transformasi Pendidikan Sekolah Berbasis Pesantren Ibnu Abbas Klaten

Muh. Mustakim, S.Pd.I., M.Pd.I, NIM : 1230016011 (2019) SEKOLAH BERBASIS PESANTREN Studi tentang Transformasi Pendidikan Sekolah Berbasis Pesantren Ibnu Abbas Klaten. Doctoral thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (SEKOLAH BERBASIS PESANTREN Studi tentang Transformasi Pendidikan Sekolah Berbasis Pesantren Ibnu Abbas Klaten)
1230016011_BAB_I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (SEKOLAH BERBASIS PESANTREN Studi tentang Transformasi Pendidikan Sekolah Berbasis Pesantren Ibnu Abbas Klaten)
1230016011_BAB_II_S.D_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (22MB)

Abstract

Pesantren dan Sekolah merupakan dua lembaga pendidikan berbeda di Indonesia pada awal kemunculannya. Kemudian, dalam perkembangannya bertransformasi menjadi satu lembaga pendidikan yang mengintegrasikan pendidikan umum dan pendidikan agama secara intensif serta memadukan sistem kelembagaan sekolah formal dan sistem kepesantrenan dengan segala karakteristiknya menjadi sekolah berbasis pesantren. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Situs penelitian dilaksanakan di sekolah berbasis pesantren Ibnu Abbas Klaten. Hasil penelitian menunjukkan suatu antitesa terhadap teori koherensi Karel A. Steenbrink yang mengemukakan ‘sudah’ seharusnya pesantren bertransformasi menjadi madrasah kemudian sekolah agar tetap diminati masyarakat. Sebaliknya, penelitian ini menguatkan teori Amrullah perubahan tanpa perusakan yakni mengintegrasikan sistem lembaga pendidikan sekolah dan pesantren tanpa harus merusak dan kehilangan sistem pesantren. Hasil penelitian juga menegasikan teori enrollment pesantren di akhir abad keduapuluh; pesantren menerima siapapun yang hendak masuk untuk belajar dan nyantri oleh Mastuhu. Fakta berbeda, sekolah berbasis pesantren Ibnu Abbas ini “terpaksa” menyeleksi untuk memilih calon santri karena keterbatasan sumberdaya dan sebagai upaya menjaga mutu serta layanan pendidikan terbaik. Sehingga penelitian ini meneguhkan transformasi pesantren khususnya pasca reformasi di Indonesia cenderung lebih terbuka, mengembangkan model sekolah tanpa kehilangan jatidirinya dalam bentuk sekolah berbasis pesantren. Transformasi ini berupa pergeseran paradigma, modernisasi administrasi dan model kepemimpinan berbasis syuro. Penelitian ini menunjukkan suatu teori baru “transformatif-indigenous” yakni terbuka, berubah menyesuaikan kebutuhan zaman tanpa meninggalkan jatidiri pesantren.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information: 1. Prof. Dr. H. Hamruni, M.Si 2. Dr. Sabarudin, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Transformasi, Sekolah, Pesantren
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Study Islam
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 05 Dec 2019 09:42
Last Modified: 05 Dec 2019 09:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36827

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum