STRATEGI KOMUNIKASI BAZNAS DIY DALAM MENGINFORMASIKAN DAN MEMPENGARUHI KOMUNIKAN UNTUK BERZAKAT MELALUI MEDIA SOSIAL

Dewi Puji Utami, NIM. 15210104 (2019) STRATEGI KOMUNIKASI BAZNAS DIY DALAM MENGINFORMASIKAN DAN MEMPENGARUHI KOMUNIKAN UNTUK BERZAKAT MELALUI MEDIA SOSIAL. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI.

[img]
Preview
Text (STRATEGI KOMUNIKASI BAZNAS DIY DALAM MENGINFORMASIKAN DAN MEMPENGARUHI KOMUNIKAN UNTUK BERZAKAT MELALUI MEDIA SOSIAL)
15210104_BAB- I_IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI KOMUNIKASI BAZNAS DIY DALAM MENGINFORMASIKAN DAN MEMPENGARUHI KOMUNIKAN UNTUK BERZAKAT MELALUI MEDIA SOSIAL)
15210104_BAB- II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Satu-satunya lembaga yang dibentuk oleh pemerintah untuk mengelola zakat, infak dan sedekah adalah BAZNAS. Salah satunya BAZNAS Daerah Istimewa Yogyakarta. Setiap tahun BAZNAS DIY mengalami peningkatan dalam penghimpunan dana. Keberhasilan tersebut ditentukan oleh komunikasi yang dilakukan. Kemajuan teknologi komunikasi membuat komunikasi dapat dilakukan dimana saja termasuk melalui media baru seperti media sosial. Dari hal tersebut itulah peneliti tertarik untuk meneliti strategi komunikasi yang dilakukan BAZNAS DIY melalui media sosial. Teori yang digunakan adalah model teori hierarchy effect oleh Robert Lavidge dan Gray Asteiner. Model ini biasanya digunakan untuk mencapai target sasaran yang sifatnya masal. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian, ditemukan bahwa secara keseluruhan BAZNAS DIY telah melakukan strategi komunikasi dengan baik. Strategi komunikasi menginformasikan ada tiga tahapan yaitu pengenalan (exposure) meliputi mengunggah kegiatan kegiatan BAZNAS DIY, syiar edukasi zakat dan penggunaan hashtag, menyadari (awarness) meliputi mengunggah info bencana alam dan mengunggah kisah inspiratif, mengingat (recall) meliputi mengunggah konten sedekah jum’at dan mengunggah quotes islami. Sedangkan strategi komunikasi dalam mempengaruhi (to persuade) ada 4 tahapan yaitu sikap positif (favorable) meliputi mengapresisi relawan dan memberikan transparansi pengelolaan ZIS, perhatian (attention) meliputi mengunggah bantuan qurban dan mengunggah bantuan ke daerah yang kesulitan air, mencoba (trial) meliputi mengajak masyarakat menjadi relawan dan mengajak siswa-siswa untuk mendaftar beasiswa, dan mengulangi (repeat) mengunggah program semarak ramadhan setiap tahun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Alimatul Qibtiyah, S.Ag., M.Si., M.A., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Strategi komunikasi, Zakat, Media Sosial
Subjects: Komunikasi Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 05 Dec 2019 13:21
Last Modified: 05 Dec 2019 13:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36835

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum