HUBUNGAN INTENSITAS MENGAKSES VIDEO ANIMASI NUSSA DAN RARA DENGAN MOTIVASI BERDOA SISWA SD NEGERI WARUNGBOTO

SITI KHUZAEMAH, NIM 15210117 (2019) HUBUNGAN INTENSITAS MENGAKSES VIDEO ANIMASI NUSSA DAN RARA DENGAN MOTIVASI BERDOA SISWA SD NEGERI WARUNGBOTO. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN INTENSITAS MENGAKSES VIDEO ANIMASI NUSSA DAN RARA DENGAN MOTIVASI BERDOA SISWA SD NEGERI WARUNGBOTO)
15210117_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (21MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN INTENSITAS MENGAKSES VIDEO ANIMASI NUSSA DAN RARA DENGAN MOTIVASI BERDOA SISWA SD NEGERI WARUNGBOTO)
15210117_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini semakin cepat dan tidak terukur, sehingga muncul media-media baru seperti blog, halaman facebook, catatan harian video youtube, dan portal. Media baru yang sangat populer saat ini adalah media youtube. Youtube adalah media sosial yang memberi informasi dan hiburan serta dapat mengunduh dan mengunggah video sesuai karya individu. Dengan demikian, masyarakat sangat antusias dengan youtube, terlebih lagi dari kalangan remaja dan anak-anak. Khususnya bagi anak-anak yang dalam usia adalah tempatnya bermain atau membutuhkan hiburan. Rata- rata dari anakanak adalah mengakses atau menonton video animasi atau kartun. Banyak juga tayangan-tayangan yang tidak mendidik di youtube, itu salah satu kekhawatiran dari orang tua terhadap anaknya. Dengan menculnya animasi lokal asli dalam negeri yaitu video animasi Nussa dan Rara semoga kekhawatiran- kekhawatiran orang tua terhapuskan. Video animasi Nussa dan Rara yang banyak mengajarkan tentang ajaran-ajaran keislaman terhadap anak-anak. Terutama ibadah yang paling dasar bagi anak-anak adalah doa. Ajaran doa-doa yang ada dalam video animasi Nussa dan Rara semoga bermanfaat bagi anakanak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Adakah Hubungan Intensitas Mengakses Video Animasi Nussa dan Rara dengan Motivasi Berdoa Siswa SD Negeri Warungboto”. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel bebas (X) intensitas mengakses video animasi Nussa dan Rara dan variabel terikat (Y) motivasi berdoa. Teori yang digunakan adalah Teori SOR, Intensitas mengakses video Animasi Nussa dan Rara, dan Motivasi Berdoa. Uji Validitas menggunakan validitas konstruk yang dihitung menggunakan rumus Pearson Product Moment, sedangkan Uji Reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach dengan bantuan SPSS versi 20. Jenis analisis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survey dan analisis data menggunakan statistic parametric, yaitu analisis Pearson Product Moment dengan bantuan SPSS versi 20. Jumlah populasi Siswa SD Negeri Warungboto adalah 102 Siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling atau dengan sampel yang mempunyai kriteria dan kriteria tersebut dalam penelitian ini adalah, yang pernah mengakses video animasi Nussa dan Rara dan yang berumur 6-12 tahun yaitu sebanyak 59 responden, serta yang bisa mengisi kuesioner. Hasil pengolahan data didapatkan hasil r hitung (0,359) > r tabel (0,256). Sehingga dapat di simpulkan bahwa intensitas mengakses video animasi Nussa dan Rara memiliki hubungan yang signifikan dengan motivasi berdoa Siswa SD Negeri Warungboto.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KHADIQ, S.Ag.,M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Intensitas Mengakses, Nussa dan Rara, Motivasi Berdoa
Subjects: Komunikasi Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 05 Dec 2019 13:28
Last Modified: 05 Dec 2019 13:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36836

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum