MODEL MEDIA KOMIK SEBAGAI SUPLEMEN PENGAJARAN BAHASA ARAB DENGAN PENDEKATAN KREATIVITAS DI MADRASAH IBTIDAIYAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Umu Salamah S.Pd.I., M.Pd.I., NIM. 1230016025 (2019) MODEL MEDIA KOMIK SEBAGAI SUPLEMEN PENGAJARAN BAHASA ARAB DENGAN PENDEKATAN KREATIVITAS DI MADRASAH IBTIDAIYAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (MODEL MEDIA KOMIK SEBAGAI SUPLEMEN PENGAJARAN BAHASA ARAB DENGAN PENDEKATAN KREATIVITAS DI MADRASAH IBTIDAIYAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
1230016025_BAB-I_VI-atau-DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (MODEL MEDIA KOMIK SEBAGAI SUPLEMEN PENGAJARAN BAHASA ARAB DENGAN PENDEKATAN KREATIVITAS DI MADRASAH IBTIDAIYAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
1230016025_BAB-II_sampai_BAB-V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Model Media Komik Sebagai Suplemen Pengajaran Bahasa Arab Dengan Pendekatan Kreativitas Di Madrasah Ibtidaiyah Daerah Istimewa Yogyakarta. Pengembangan buku Bahasa Arab pendekatan saintifik merupakan respon Kementerian Agama RI terhadap kebijakan kurikulum 2013. Namun demikian Namun demikian buku belum sepenuhnya mengadaptasi ruh dari kurikulum 2013 yaitu kreativitas. Hal ini ditandai dengan buku ajar yang didesain dengan model pendekatan mata pelajaran. Buku dikembangkan secara top down sehingga visi misi madrasah dan pola berpikir peserta didik tidak tercakup dalam buku ajar. Idealnya buku didesain dengan model tematik sehingga mengadaptasi pola berpikir peserta didik, dan selaras dengan ruh dari kurikulum 2013. Dengan demikian penelitian ini mengkaji mengenai kebijakan pengembangan buku ajar Bahasa Arab dan mengembangkan alternatif model media pembelajaran yang selaras dengan pola berpikir peserta didik MI kelas bawah serta selaras dengan tujuan kurikulum 2013 yaitu membekali kreativitas peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan metode penelitian R and D. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini antara lain tes, wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif dengan bantuan software SPSS 17. Penelitian ini menemukan bahwa pengembangan buku ajar mata pelajaran Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah bersifat top down. Model media komik adalah model yang tepat bagi pengembangan media ajar Bahasa Arab dengan pendekatan kreativitas di Madrasah Ibtidaiyah (MI). Adapun pengembangan media ajar berupa komik disimpulkan efektif meningkatkan prestasi Bahasa Arab siswa. Kata Kunci: Bahasa Arab, Media Komik, An

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Prof. Dr. Sutrisno, M.Ag. 2. Dr. Usman, SS., M.Ag..
Uncontrolled Keywords: Bahasa Arab, Media Komik, Anak
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Study Islam
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 06 Dec 2019 10:04
Last Modified: 06 Dec 2019 10:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36843

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum