ANALISIS BUTIR SOAL LATIHAN BUKU AJAR KIMIA SMA KELAS XI SEMESTER 1 BERDASARKAN KESALAHAN KONSTRUKSI DAN TINGKATAN ASPEK KOGNITIF

HIDAYATURROHMAN - NIM. 04441045, (2010) ANALISIS BUTIR SOAL LATIHAN BUKU AJAR KIMIA SMA KELAS XI SEMESTER 1 BERDASARKAN KESALAHAN KONSTRUKSI DAN TINGKATAN ASPEK KOGNITIF. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (ANALISIS BUTIR SOAL LATIHAN BUKU AJAR KIMIA SMA KELAS XI SEMESTER 1 BERDASARKAN KESALAHAN KONSTRUKSI DAN TINGKATAN ASPEK KOGNITIF)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS BUTIR SOAL LATIHAN BUKU AJAR KIMIA SMA KELAS XI SEMESTER 1 BERDASARKAN KESALAHAN KONSTRUKSI DAN TINGKATAN ASPEK KOGNITIF)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (594kB)

Abstract

Evaluasi pembelajaran adalah suatu cara untuk menentukan sejauh mana keberhasilan proses pembelajaran terjadi. Tes sebagai evaluasi biasanya berupa pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab oleh siswa. Tes juga harus memiliki tingkat validitas dan keandalan yang tinggi. Penelitian ini mencoba menganalisis soal latihan buku ajar. Tujuan analisis ini adalah mengetahui adanya kesalahan konstruksi dan perbandingan aspek-aspek kognitif butir soal. Analisis dilakukan berdasarkan konstruksi dan tingkatan aspek kognitif soal. Buku-buku yang dianalisis ada 5 buku yang terbit pada tahun 2006-2007 (berdasarkan kurikulum tingkat satuan pendidikan). Penentuan ada tidaknya salah konstruksi dilakukan dengan kriteria salah konstruksi, sedangkan penentuan tingkatan aspek kognitif dilakukan dengan menganalisis kata kunci (kata kerja operasional) dari butir-butir soal yang dianalisis. Hasil analisis menunjukkan bahwa: masih terdapat beberapa soal yang mengalami salah konstruksi dari semua soal latihan dari buku ajar dengan persentase salah konstruksi yang berbeda-beda. Persentase kesalahan konstruksi bisa dikatakan rendah karena masih di bawah kisaran 15%. Perbandingan aspek kognitif menunjukkan sebagian besar butir soal berupa soal aplikasi. Hal ini dapat terjadi karena sebagian besar materi yang ada berupa materi yang berhubungan dengan hitungan. Hasil perbandingan aspek kognitif yang ada menunjukkan perbandingan yang belum ideal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Esti Wahyu Widowati, M.Si., Nina Hamidah, S.Si, MA.
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, analisis, kognitif, konstruksi
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2012 10:14
Last Modified: 18 Feb 2016 07:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3687

Actions (login required)

View Item View Item