UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS) PADA PEMBELAJARAN KIMIA KELAS X-1 DI SMAN 2 BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/2009

KHOIRUL INAYAH - NIM. 05440027, (2010) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS) PADA PEMBELAJARAN KIMIA KELAS X-1 DI SMAN 2 BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran kimia melalui cooperative learning tipe STAD. Materi Pokok pada penelitian ini adalah Hidrokarbon dan objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-1 SMAN 2 Banguntapan Bantul Yogyakarta tahun pelajaran 2008/2009. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan memberikan tindakan pada objek penelitian. Penelitian ini dilakukan sampai 2 siklus. Data yang dikumpulkan berupa data aktivitas dan hasil belajar siswa. Pengumpulan data diperoleh melalui hasil observasi dari aktivitas siswa dengan menggunakan lembar observasi serta hasil belajar siswa melalui pre-test dan posttest. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. dengan memaparkan persentase siswa yang meningkat aktivitas dan hasil belajarnya dalam 2 siklus pembelajaran. Analisa data aktivitas siswa menggunakan teknik persentase, sedangkan data hasil belajar siswa dianalisa dengan effect size. Pengukuran peningkatan aktivitas dilakukan sesuai hasil persentase aktivitas siswa dalam beberapa aspek yang telah dikembangkan, sedangkan pengukuran peningkatan hasil belajar siswa dilakukan sesuai hasil kognitif melalui post-test. Pada siklus I: siswa yang memberikan ide atau pendapat dengan rasional dan benar adalah sebanyak 8,33%, siswa yang melaksanakan tugas yang diberikan oleh kelompok sampai selesai dan benar adalah sebanyak 11,11%, siswa yang bekerjasama dengan semua anggota kelompok sebanyak 8,33%, siswa yang peduli terhadap kesulitan sesama anggota kelompok dan mau membantunya adalah sebanyak 8,33%, sedangkan siswa yang mampu menjawab pertanyaan guru dengan bnar dan disertai penjelasan adalah sebanyak 0%. Adapun hasil rata-rata post-test pada siklus I adalah 7,72. Pada siklus II: siswa yang memberikan ide atau pendapat dengan rasional dan benar adalah sebanyak 12,50%, siswa yang melaksanakan tugas sampai selesai dan benar adalah sebanyak 31,25%, siswa bekerjasama dengan semua anggota kelompok adalah sebanyak 34,37%, siswa yang peduli terhadap kesulitan sesama anggota kelompok dan mau membantunya adalah sebanyak 50%, sedangkan siswa yang menjawab pertanyaan guru dengan benar dan disertai penjelasan adalah sebanyak 25%. Adapun hasil rata-rata post-test pada siklus II adalah 9,43. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi cooperative learning tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ranah kognitif siswa kelas X-1 SMAN 2 Banguntapan Bantul.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Jamil Suprihatiningrum, S.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: STAD, Aktivitas, Hasil belajar
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3688

Actions (login required)

View Item View Item