HUBUNGAN KEPEMIMPINAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 1 LENDAH KULONPROGO

FAIZATUNNISA` KHOIROTI, NIM. 12410044 (2019) HUBUNGAN KEPEMIMPINAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 1 LENDAH KULONPROGO. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN KEPEMIMPINAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 1 LENDAH KULONPROGO)
12410044_PRA BAB_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA_LAMPIRAN_CV pdf.pdf - Published Version

Download (42MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN KEPEMIMPINAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 1 LENDAH KULONPROGO)
12410044_BAB II _BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

KHOIROTI. Hubungan Kepemimpinan Orang Tua dengan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas VII di SMP Negeri Lendah Kulonprogo. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kelijaga Yogyakarta, 2019. Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa idealnya kepemimpinan orang tua berhubungan dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam Siswa kenyataannya prestasi Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa Kelas VII SMP Negeri I Lendah kurang baik oleh karena itu perlu dilakukan penelitian tentang hubungan kepemimpinan orang tua dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kepemimpinan orang tua peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Lendah, bagaimana prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Lendah, dan apakah ada hubungan kepemimpinan orang tua dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Lendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap ada tidaknya hubungan kepemimpinan orang tua dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Lendah. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Lendah tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 189. Pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling dengan sistem undian. Ukuran sampel ditentukan dengan menggunakan taraf kesalahan 5% sehingga berdasar Rumus Slovin dari jumlah 192 siswa maka jumlah sampelnya sebanyak 130. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, angket/kuesioner, dan dokumentasi. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Setelah dilaksanakan uji validitas pertanyaan variabel X, diketahui bahwa dari 55 pertanyaan yang diajukan hanya 42 pertanyaan yang dinyatakan valid dan 13 pertanyaan lainnya tidak valid. Hasil penelitian menunjukan: 1) Kepemimpinan orang tua kelas VII SMP Negeri 1 Lendah dalam kategori “cukup” dengan nilai rata-rata sebesar 79,6. 2) Prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dalam kategori “cukup” dengan rata-rata sebesar 80,92. 3) Ada hubungan kepemimpinan orang tua (X) dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (Y). hal ini dibuktikan dengan hasil hitung nilai F(reg) (124,685) >F(tabel) 5% (3,90). Dengan demikian hipotesis yang peneliti ajukan yang berjudul “adanya hubungan yang signifikan antara kepemimpinan orang tua dengan prestasi belajar Pendidikan Aagama Islam siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lendah” diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sukiman, S.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan orang tua, prestasi belajar, siswa kelas VII SMP N 1 Lendah
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Mar 2020 13:07
Last Modified: 13 Mar 2020 13:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36917

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum