PENGUATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMP NEGERI 5 YOGYAKARTA

DWI MULYANI, NIM. 12410066 (2019) PENGUATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMP NEGERI 5 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGUATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMP NEGERI 5 YOGYAKARTA)
12410066_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGUATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMP NEGERI 5 YOGYAKARTA)
12410066_BAB-II_sampai_III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah perbedaan kemampuan dan pengalaman belajar siswa yang berbeda, sehingga mempengaruhi daya tangkap dalam memahami pelajaran. Sedangkan guru diharapkan dapat memberikan materi yang sama dengan hasil yang maksimal. Pengalaman belajar siswa yang berbeda akan berdampak pada cara siswa dalam menerima pembelajaran dan bagaimana sikap siswa selama proses belajar mengajar berlangsung. Pembelajaran PAI di SMP N 5 Yogyakarta dengan menggunakan pendekatan CTL mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Permasalahan yang terjadi dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan pendekatan CTL, bagaimana kemampuan berpikir kreatif siswa setelah pembelajaran CTL, dam faktor-faktor yang memperngaruhi kemampuan berpikir kreatif dengan pendekatan CTL dalam pembelajaran PAI di SMP N 5 Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis penguatan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pendekatan CTL dalam pembelajaran PAI di SMP N 5 Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMP Negeri 5 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi data dengan mengecek data kepada sumber yang sama dengan teknik yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penerapan pendekatan CTL dalam pembelajaran PAI di SMP N 5 Yogyakarta dapat terlihat pada pelaksanaan pembelajaran yaitu siswa melakukan kegiatan mengamati video, mendiskusikannya kemudian melaporkan hasil pengamatan. Diakhir pembelajaran guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan apa saja yang telah dipelajari hari ini. (2) Perilaku siswa yang menunjukkan kemampuan berpikir aptitude dalam pelaksanaan pembelajaran adalah siswa aktif bertanya baik kepada guru maupun kepada teman dan siswa mampu menjawab pertanyaan yang diberikan guru maupun temannya dalam kegiatan diskusi kelompok kecil maupun kelompok besar. Perilaku siswa yang menunjukkan kemampuan berpikir nonaptitude adalah dalam beragumentasi siswa dengan berani mempertahankan pendapatnya dan dalam memberikan pertanyaan maupun jawaban menggunakan bahasa yang baik dan sopan, (3) faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran PAI dengan pendekatan CTL adalah guru, siswa, fasilitas dan iklim sekolah. Kata Kunci: Pendekatan Contextual Teaching and Learning, Berpikir Kreatif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Suwadi,M.Ag.,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Contextual Teaching and Learning, Berpikir Kreatif
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Mar 2020 13:08
Last Modified: 13 Mar 2020 13:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36919

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum