NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK NABI MUHAMMAD DALAM BUKU MUHAMMAD: PROPHET FOR OUR TIME KARYA KAREN ARMSTRONG

RICHIE YANUAR WINDA PUTRA, NIM. 12410072 (2019) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK NABI MUHAMMAD DALAM BUKU MUHAMMAD: PROPHET FOR OUR TIME KARYA KAREN ARMSTRONG. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK NABI MUHAMMAD DALAM BUKU MUHAMMAD: PROPHET FOR OUR TIME KARYA KAREN ARMSTRONG)
12410072_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK NABI MUHAMMAD DALAM BUKU MUHAMMAD: PROPHET FOR OUR TIME KARYA KAREN ARMSTRONG)
12410072_BAB-II_SAMPAI_BAB-III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini karena di zaman seperti sekarang ini, meskipun Islam sudah tersebar ke seluruh penjuru tanah air, masih banyak sekali terdapat kemerosotan akhlak di berbagai wilayah di Indonesia. Bahkan sekarang memasuki masa pemilihan presiden 2019, kemerosotan akhlak sangat terlihat di berbagai media, baik social media, media cetak, maupun media elektronik dengan beredarnya berita hoax, saling memfitnah, saling membenci, saling menghina, saling menghujat, bahkan tak segan-segan mengeluarkan kata-kata kotor ketika berdebat untuk membela calon presiden yang didukungnya atau untuk menjatuhkan kandidat calon presiden lawan. Pada zaman sekarang, mempelajari akhlak bisa dilakukan melalui berbagai media, baik cetak maupun elektronik. Pada media cetak salah satunya adalah buku. Selanjutnya peneliti tertarik untuk meneliti nilai-nilai pendidikan akhlak Nabi Muhammad dalam buku Muhammad: Prophet for Our Time. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah apa sajakah nilai-nilai pendidikan akhlak Nabi Muhammad yang terdapat dalam buku Muhammad: Prophet for Our Time. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai pendidikan akhlak Nabi Muhammad yang terkandung dalam buku Muhammad: Prophet for Our Time. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan, dengan obyek penelitian berupa buku yang berjudul Muhammad: Prophet for Our Time. Pengumpulan data dilakukan dengan mencari dan menelusuri bahan dokumentasi yang tersedia. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis isi yaitu teknik menarik kesimpulan dari sebuah buku. Hasil penelitian menunjukkan: terdapat banyak nilai-nilai pendidikan akhlak dari Nabi Muhammad yang terdapat dalam buku Muhammad: Prophet for Our Time karya Karen Armstrong. Nilai-nilai pendidikan akhlak tersebut berupa nilai pendidikan akhlak Nabi Muhammad dalam hubungannya dengan Allah serta nilai-nilai pendidikan akhlak Nabi Muhammad dalam hubungannya terhadap sesama manusia. Nilai-nilai akhlak dalam hubungannya dengan Allah antara lain tawakal, raja’, takwa kepada Allah, melaksanakan ritual keagamaan. Dan nilai-nilai akhlak dalam hubungannya dengan sesama manusia antara lain jujur, optimis dan kerja keras, bijaksana, cinta damai, tegas, kerjasama dan tolong-menolong, cinta keluarga dan sahabat, musyawarah, sabar, menepati janji, empati, adil, mengajak manusia kepada kebaikan, pemaaf, dermawan. Kata kunci : nilai, pendidikan akhlak, akhlak Muhammad, Pendidikan agama Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Rofik, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: nilai, pendidikan akhlak, akhlak Muhammad, Pendidikan agama Islam
Subjects: Pendidikan > Filsafat Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Mar 2020 13:08
Last Modified: 13 Mar 2020 13:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36921

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum