IMPLEMENTASI KONSEP TAUHID SOSIAL M. AMIEN RAIS DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS DAN PRESTASI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( PAI ) DI SMP INTERNASIONAL BUDI MULIA DUA PANJEN, WEDOMARTANI, KEC. NGEMPLAK KAB. SLEMAN YOGYAKARTA

Mar’atun Sholihah, NIM. 12410113 (2019) IMPLEMENTASI KONSEP TAUHID SOSIAL M. AMIEN RAIS DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS DAN PRESTASI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( PAI ) DI SMP INTERNASIONAL BUDI MULIA DUA PANJEN, WEDOMARTANI, KEC. NGEMPLAK KAB. SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI KONSEP TAUHID SOSIAL M. AMIEN RAIS DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS DAN PRESTASI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( PAI ) DI SMP INTERNASIONAL BUDI MULIA DUA PANJEN, WEDOMARTANI, KEC. NGEMPLAK KAB. SLEMAN YOGYAKARTA)
12410113_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI KONSEP TAUHID SOSIAL M. AMIEN RAIS DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS DAN PRESTASI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( PAI ) DI SMP INTERNASIONAL BUDI MULIA DUA PANJEN, WEDOMARTANI, KEC. NGEMPLAK KAB. SLEMAN YOGYAKARTA)
12410113_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa Indonesia sebagai Negara Muslim Terbesar Ketiga di dunia belum dapat dikategorikan sebagai negara muslim yang sesungguhnya, hal ini dikarenakan oleh banyak faktor. Beberapa di antaranya adalah karena rendahnya tingkat perekonomian penduduk yang mengakibatkan kesenjangan sosial, semakin merosotnya ahlak atau terjadinya degredasi moral yang mengakibatkan kemrosotan ahlak, pengaruh pesatnya perkembangan teknologi saat ini, terlebih banyak terjadinya kasus pembegalan dan kasus bullying yang dilakukan oleh remaja khusunya di Yogyakarta. Oleh karena itu perlu diadakannya sebuah penelitian tentang pengaruh konsep tauhid sosial pemikiran M.Amien Rais dalam meningkatkan religiusitas dan prestasi pendidikan agama islam di SMP internasional Budi Mulia Dua Yogyakarta. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pemikiran M.Amien Rais mengenai Konsep tauhid Sosial, bagaimana penerapan pemikiran M.Amien Rais ( sebagai Penggagas Konsep Tauhid Sosial sekaligus pendiri Yayasan perguruan Budi Mulia Dua ) yang diterapkan di SMP Internasional Budi Mulia Dua, dan bagimana pengaruhnya terhadap Religiusitas dan prestasi pendidikan Agama Islam bagi Peserta didik SMP Internasional Budi Mulia Dua Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana penerapan konsep tauhid sosial M.Amien Rais dan ada tidaknya pengaruh implementasi dari pemikiran M.Amien Rais mengenai Tauhid Sosial terhadap Religiusitas dan Prestasi Pendidikan Agama Islam ( PAI ) di SMP Internasional budi Mulia Dua Yogyakarta penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis, pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data diolah dengan metode deskriptif kualitatif dan diuji keabsahannya dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang dimaksud dengan tauhid sosial menurut M. Amien Rais adalah dimensi sosial dari tauhidulloh ( meng-esakan Alloh ). Kepercayaan terhadap Alloh melahirkan lima makna yaitu kesatuan ketuhanan, kesatuan penciptaan, kesatuan kemanusiaan, kesatuan tuntunan hidup, dan kesatuan tujuan hidup. Kelima makna ini memiliki prinsip religiusitas, kepercayaan, keseimbangan, persaudaraan, toleransi, berpedoman, dan pengabdian. Tujuan dari tauhid sosial adalah untuk mencetak manusia yang utuh, yaitu manusia yang berusaha memiliki pribadi yang bertanggung jawab sebagai mahluk individu dan mahluk sosial secara seimbang, dan untuk menghapus kesenjangan sosial yang terjadi di antara manusia sehingga tercipta tatanan kehidupan yang damai, harmonis, dan solid. Sesuai dengan visi dan misi sekolah SMP Internasional Budi Mulia Dua Yogyakarta mengimplementasikan konsep tauhid sosial melalui berbagai macam kegiatan dan pembiasaan sehari-hari peserta didik seperti Forum Muslimah, kelas magang Sosial/Pengenalan Dunia Kerja, Kemah, Pengembaraan, Pembagian Hewan Kurban, dan kemudian di evaluasi dalam bentuk nilai rapot bagi peserta didik yang menunjukkan bahwa ada pengaruh dari kegiatan-kegiatan yang telah mereka ikuti terhadap nilai yang didapat di rapot dan rapat evaluasi kerja bagi para pendidik. Untuk pengelolaan administasi dan biaya pendidikan peserta didik tidak sama sekali menggunakan dana BOS atau jatah dana baik dari pemerintah daerah maupun pemerintah pusat. Kata Kunci: Tuhid Sosial, Religusitas, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Zulkipli Lessy, M.Ag., M.S.W., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Tuhid Sosial, Religusitas, Prestasi Belajar
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Mar 2020 13:14
Last Modified: 16 Mar 2020 13:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36925

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum