MUSYAWARAH GURU RUMPUN PELAJARAN (MGRP) PAI SEBAGAI SARANA PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PAI DI MTS ALI MAKSUM YOGYAKARTA

KUNI SHOLIHAH, NIM. 12410157 (2019) MUSYAWARAH GURU RUMPUN PELAJARAN (MGRP) PAI SEBAGAI SARANA PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PAI DI MTS ALI MAKSUM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (MUSYAWARAH GURU RUMPUN PELAJARAN (MGRP) PAI SEBAGAI SARANA PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PAI DI MTS ALI MAKSUM YOGYAKARTA)
HALAMAN DEPAN_BAB I_BAB IV_12410157_KUNI SHOLIHAH.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (MUSYAWARAH GURU RUMPUN PELAJARAN (MGRP) PAI SEBAGAI SARANA PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PAI DI MTS ALI MAKSUM YOGYAKARTA)
BAB II_BAB III_12410157_KUNI SHOLIHAH.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang dari penyusunan skripsi ini adalah bahwa betapa pentingnya seorang guru memiliki kompetensi dalam belajar mengajar. Terutama dalam hal keprofesionalan guru menghadapi era globalisasi ini. Dimulai dengan adanya KKG dan MGMP yang dilaksanakan pada tingkat kabupatan/ kota dan gugus sekolah. Disini MTs Ali Maksum sendiri memiliki sebuah wadah khusus untuk pembinaan seluruh guru, salah satunya yaitu MGRP PAI. MGRP PAI ini dibilang efektif dalam meningkatkan kompetensi guru. Oleh karena itu, perlu diadakan penelitian tentang MGRP PAI sebagai sarana peningkatan kompetensi profesional guru PAI. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana kompetensi profesional guru PAI, Bagaimana desain kegiatan MGRP PAI yang dapat meningkatkan kompetensi profesional guru PAI, dan Bagaimana kompetensi profesional guru PAI setelah mengikuti MGRP PAI di MTs Ali Maksum. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan secara praktis tentang MGRP PAI sebagai sarana peningkatan kompetensi profesional guru PAI di MTs Ali Maksum. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di MTs Ali Maksum Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model Milles dan Huberman. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kompetensi profesional guru PAI di MTs Ali Maksum belum seluruhnya dikuasai terutama dalam hal refleksi pembelajaran dan pemanfaatan teknologi di dalam kelas. (2) desain kegiatan MGRP PAI yang dapat meningkatkan kompetensi profesional guru PAI adalah bedah silabus, penyusunan RPP, micro teaching/simulasi pelaksanaan pembelajaran, program pengajian guru, pengembangan IT, penggunaan media pembelajaran yang menarik dan rihlah ruhaniyah di sekitar D.I Yogyakarta untuk kelas IX MTs. Pernah menjadi tuan rumah dalam MGMP Akidah Akhlak se kecamatan. (3) kompetensi profesional guru PAI setelah mengikuti MGRP PAI di MTs Ali Maksum terdapat peningkatan pada pembuatan dan pengembangan RPP, penguasaan materi, refleksi pembelajaran dalam microteaching, penggunaan IT dan pengembangan pola pikir keilmuan untuk lebih kreatif dan inovatif dengan active learning. Kata Kunci: Musyawarah Guru Rumpun Pelajaran (MGRP), Kompetensi Profesional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Radino, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Musyawarah Guru Rumpun Pelajaran (MGRP), Kompetensi Profesional
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Mar 2020 13:15
Last Modified: 16 Mar 2020 13:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36928

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum