PENGARUH BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 LENDAH KULON PROGO

Annisa Nur Fathonah, NIM. 12410201 (2019) PENGARUH BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 LENDAH KULON PROGO. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 LENDAH KULON PROGO)
12410201 BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 LENDAH KULON PROGO)
12410201 BAB II & III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa setiap sekolah memiliki budaya sekolah yang baik dengan harapan dapat memberikan dampak positif yang signifikan pada kehidupan peserta didik, termasuk di lingkungan sekolah. Meskipun sudah ditanamkan budaya sekolah yang baik, fakta di lapangan menunjukkan bahwa saat ini banyak peserta didik yang mengalami kelemahan karakter. Satu diantaranya adalah karakter disiplin. Karakter disiplin peserta didik dapat diketahui dalam kegiatan pembelajaran, khususnya pada pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Oleh karena itu yang menjadi permasalahan penelitian adalah pengaruh antara budaya sekolah terhadap karakter disiplin peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang budaya sekolah SMP Negeri 2 Lendah Kulon Progo, karakter disiplin peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Lendah Kulon Progo, dan pengaruh antara budaya sekolah terhadap karakter disiplin peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Lendah Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mengambil latar SMP Negeri 2 Lendah Kulon Progo dengan mengambil sampel kelas VIII. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan uji korelasi Product Moment dan uji Regresi Linear Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Budaya Sekolah di SMP Negeri 2 Lendah, Kulon Progo berada dalam kategori “baik” dengan skor sebanyak 69,92%. (2) Karakter disiplin peserta didik dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas VIII di SMP Negeri 2 Lendah menunjukkan kategori “baik” dengan skor sebanyak 74,80%. 3) Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara Budaya Sekolah terhadap Karakter Disiplin Peserta Didik dalam Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas VIII di SMP Negeri 2 Lendah, Kulon Progo sebesar 46%. Kata kunci: Budaya Sekolah, Karakter Disiplin, Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Sukiman, S.Ag., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Budaya Sekolah, Karakter Disiplin, Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Mar 2020 13:15
Last Modified: 16 Mar 2020 13:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36930

Actions (login required)

View Item View Item