HUBUNGAN ANTARA HASIL BELAJAR FIQIH DENGAN PENGAMALAN IBADAH SHALAT SANTRI KELAS IV AWALIYAH MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE

M. ‘Afif Syahansyah, NIM. 12410213 (2019) HUBUNGAN ANTARA HASIL BELAJAR FIQIH DENGAN PENGAMALAN IBADAH SHALAT SANTRI KELAS IV AWALIYAH MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA HASIL BELAJAR FIQIH DENGAN PENGAMALAN IBADAH SHALAT SANTRI KELAS IV AWALIYAH MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE)
12410213_BAB_I_IV.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA HASIL BELAJAR FIQIH DENGAN PENGAMALAN IBADAH SHALAT SANTRI KELAS IV AWALIYAH MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE)
12410213_BAB_II_III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya peserta didik yang mempunyai kecerdasan yang tinggi, dan mereka mempunyai prestasi yang baik dalam bidang akademik, khususnya pada mata pelajaran Fiqih. Pelajaran Fiqih wajib kita dalami karena fiqih merupakan sumber hukum dan tuntunan pengamalan ibadah dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah ibadah shalat. Seharusnya peserta didik yang sudah berilmu, akan mengamalkan ilmunya menjadi perilaku, sehingga ada keseimbangan antara ilmu/hasil belajar dengan pengamalan ibadah peserta didik. Oleh karena itu perlu perlu diadakan penelitian tentang hubungan antara hasil belajar Fiqih dengan pengamalan ibadah shalat. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui tingkat hasil belajar Fiqih santri kelas IV Awaliyah Madrasah Diniyah Nurul Ummah Kotagede. Untuk mengetahui pengamalan ibadah shalat santri kelas IV Awaliyah Madrasah Diniyah Nurul Ummah Kotagede. Untuk mengetahui hubungan antara hasil belajar Fiqih dengan pengamalan ibadah shalat santri kelas IV Awaliyah Madrasah Diniyah Nurul Ummah Kotagede. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian skripsi adalah penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan angket, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV Awaliyah Madrasah Diniyah Nurul Ummah Kotagede. Instrumen yang digunakan untuk mengukur perilaku keagamaan peserta didik adalah dengan skala pengamalan ibadah shalat. Teknik analisis data untuk mengetahui hasil belajar Fiqih menggunakan statistik deskriptif, untuk mengetahui pengamalan ibadah shalat menggunakan statistik deskriptif, dan untuk mengetahui hubungan hasil belajar Fiqih dengan pengamalan ibadah shalat santri menggunakan statistik korelasi bivariat dengan menggunakan metode Rank Spearman. Hasil penelitian ini adalah: (1) Hasil belajar fiqih santri kelas IV Awaliyah Madrasah Diniyah Nurul Ummah Kotagede berada pada kategori tinggi. Perolehan skor pada kategori ini sebanyak 47.4 %. (2) Pengamalan ibadah shalat santri kelas IV Awaliyah Madrasah Diniyah Nurul Ummah Kotagede berada pada kategori sedang. Perolehan skor pada kategori ini sebanyak 42.1 %. (3) Terdapat korelasi yang positif tetapi sangat lemah dan tidak signifikan antara hasil belajar fiqih dengan pengamalan ibadah shalat santri kelas IV Awaliyah Madrasah Diniyah Nurul Ummah Kotagede. (rs = 0.065. p = 0.790, p > 0.05). Kata kunci: hasil belajar Fiqih, pengamalan ibadah shalat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Moch Fuad, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: hasil belajar Fiqih, pengamalan ibadah shalat
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Mar 2020 13:16
Last Modified: 16 Mar 2020 13:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36932

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum