KONTRIBUSI PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DALAM MENGATASI PERILAKU KENAKALAN REMAJA SISWA MAN 5 SLEMAN

Abdul Fatah Asysyafi’, NIM. 12410226 (2019) KONTRIBUSI PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DALAM MENGATASI PERILAKU KENAKALAN REMAJA SISWA MAN 5 SLEMAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KONTRIBUSI PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DALAM MENGATASI PERILAKU KENAKALAN REMAJA SISWA MAN 5 SLEMAN)
12410226_BAB-I_IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (KONTRIBUSI PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DALAM MENGATASI PERILAKU KENAKALAN REMAJA SISWA MAN 5 SLEMAN)
12410226_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Krisis akhlak yang terjadi pada saat ini, baik di tingkat individu maupun di tingkat kelompok masyarakat, maka perlu tindakan nyata untuk dapat bersamasama mengatasi masalah krisis akhlak ini. Salah satu bentuk dari krisis akhlak tersebut adalah berupa tindakan delincuency atau kenakalan pada remaja. Remaja sendiri merupakan fase peralihan antara masa kanak-kanak dan masa tumbuh dewasa baik secara fisik, akal, kejiwaan, sosial dan emosional. Pembentukan akhlak yang baik menjadi sangat penting dilakukan sejak usia dini hingga orang dewasa. Obyek penelitian ini di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 5 yang berada di Sleman. Adapun judul penelitian ini adalah kontribusi pelajaran akidah akhlaq dalam penanganan kenakalan siswa yang terjadi di MAN 5 Sleman dan yang menjadi pokok pembahasan yaitu mengenai bagaimana pelaksanaan pembelajaran Aqidah Akhlak pada siswa MAN 5 Sleman dan bagaimana kontribusi pembelajaran Aqidah Akhlak dalam mengatasi perilaku delincuency pada siswa MAN 5 Sleman. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field Research) yang dilaksanakan di MAN 5 Sleman. Jenis penelitian kualitatif, metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang telah dikumpulkan dalam bentuk narasi untuk kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian, Pelaksanaan pembelajaran aqidah akhlak dalam menanggulangi kenakalan siswa di MAN 5 Sleman sudah dilaksanakan secara tepat dengan menggunakan metode pembelajaran yang tidak monoton. Secara keseluruhan pembelajaran aqidah akhlak memberikan dampak kepada diri siswa untuk selalu melakukan perbuatan baik, dan apabila ada yang berperilaku kurang baik dapat diatasi dengan memberikan pengarahan dan bimbingan. Kata Kunci : Kontribusi, Akidah Akhlaq, Juveline Delinquency

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Dr. Sangkot Sirait, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Kontribusi, Akidah Akhlaq, Juveline Delinquency
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Mar 2020 13:16
Last Modified: 16 Mar 2020 13:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36935

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum