IMPLEMENTASI STRATEGI GALLERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI EDUKATIF PADA PEMBELAJARAN PAI KELAS X DI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA

ARI KUSRIYAH, NIM. 12410248 (2019) IMPLEMENTASI STRATEGI GALLERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI EDUKATIF PADA PEMBELAJARAN PAI KELAS X DI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI STRATEGI GALLERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI EDUKATIF PADA PEMBELAJARAN PAI KELAS X DI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA)
12410248_BAB-I_IV-ATAU-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (20MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI STRATEGI GALLERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI EDUKATIF PADA PEMBELAJARAN PAI KELAS X DI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA)
12410248_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Latar belakang masalah dari penelitian ini adalah output peserta didik dari aspek afeksi yang akhir-akhir ini mengalami penurunan. Hal tersebut terjadi bersebab tidak adanya interaksi aktif dan komunikasi edukatif dalam pembelajaran PAI, sehingga proses pembelajaran berlangsung dalam kehampaan. SMA N 5 sebagai sekolah dengan PAI berbasis afeksi mencoba memberikan alternatif strategi dan pendekatan pembelajaran yang berbeda yaitu strategi gallery learning dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan interaksi edukatif pada pembelajaran PAI. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di SMA Negeri 5 Yogyakarta. Pengumpulan data yang dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi pendidikan. Analisis data yang dilakukan dengan mereduksi data yang berarti merangkum dan memilih hal-hal pokok yang penting, menyajikan data dalam bentuk teks naratif kemudian memberikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Impelementasi strategi gallery learning dengan pendekatan saintifik pada pembelajaran PAI memiliki tiga unsur dalam penerapannya, yaitu perencanaan, pelaksanaan (pendahuluan, inti, penutup) dan evaluasi. 2) Interaksi edukatif dalam pembelajaran PAI dengan mengintegrasikan strategi gallery learning dan pendekatan saintifik melalui tiga tahapan masa, yaitu masa persiapan, masa pelaksanaan (pendahuluan, inti, penutup), dan masa penilaian ditinjau berdasarkan prinsip, ciri-ciri, pola, dan komponen interaksi edukatif. Keberhasilan interaksi edukatif dilihat dari kelas yang representative, guru smart dan kreatif, peserta didik sebagai subjek, fun and creative learning, afeksi peserta didik. 3) Ada beberapa kendala dalam pelaksanannya: terkait pengondisian kelas, kesiapan peserta didik, kecocokan strategi dengan materi, dan waktu. Solusi yang diberikan: pendampingan dan pengawasan lebih, penanaman kesadaran, pemilihan strategi dan pendekatan pembelajaran, peningkatan efektivitas dan efisiensi pembelajaran, keberhasilan interaksi edukatif juga dipengaruhi latar belakang peserta didik. Kata Kunci : Strategi Gallery Learning, Pendekatan Saintifik, Interaksi Edukatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Suwadi, M.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Strategi Gallery Learning, Pendekatan Saintifik, Interaksi Edukatif
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Mar 2020 13:17
Last Modified: 16 Mar 2020 13:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36937

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum