PERAN PONDOK PESANTREN AR RAMLY DALAM MEMBINA MORALITAS KEAGAMAAN MASYARAKAT DUSUN CENGKEHAN WUKIRSARI IMOGIRI BANTUL

Muhammad Syafik Udin, NIM. 12410274 (2019) PERAN PONDOK PESANTREN AR RAMLY DALAM MEMBINA MORALITAS KEAGAMAAN MASYARAKAT DUSUN CENGKEHAN WUKIRSARI IMOGIRI BANTUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PERAN PONDOK PESANTREN AR RAMLY DALAM MEMBINA MORALITAS KEAGAMAAN MASYARAKAT DUSUN CENGKEHAN WUKIRSARI IMOGIRI BANTUL)
12410274_BAB I_BAB_IV_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERAN PONDOK PESANTREN AR RAMLY DALAM MEMBINA MORALITAS KEAGAMAAN MASYARAKAT DUSUN CENGKEHAN WUKIRSARI IMOGIRI BANTUL)
12410274_BAB II_S.D_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Pondok Pesantren Ar Ramly dalam membina moralitas keagamaan masyarakat Dusun Cengkehan Wukirsari Imogiri Bantul, langkah-langkah serta faktor pendukung dan penghambat yang ditemui. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan keilmuan, serta pemikiran yang bermanfaat bagi penyusun pada khususnya serta para pembaca dan masyarakat, terutama pondok pesantren, pada umumnya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan mengambil latar Pondok Pesantren Ar Ramly Giriloyo. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara (In Depth Interview), observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan dengan metode kualitatif deskriptif yaitu dengan reduksi data, penarikan kesimpulan dan uji keabsahan data. Peran Pondok Peantren Ar Ramly dalam membina moralitas keagamaan masyarakat Dusun Cengkehan adalah sebagai pembimbing, fasilitator, korektor, inspirator, informator, dan mediator. Dalam melaksanakan pembinaan moralitas tersebut Pondok Pesantren menyediakan majelis ta`lim yang dilaksanakan di pesantren maupun di masyarakat, melalui kegiatan sosial dan kegiatan diskusi dengan warga masyarakat. Dalam melaksanakan kegiatannya, Pondok Pesantren Ar Ramly mempunyai beberapa faktor pendukung, yaitu letak pesantren yang strategis, lingkungan yang kondusif dan fasilitas yang tersedia sudah memadai. Faktor yang menghambatnya adalah kurangnya komunikasi antara masyarakat dan pesantren, rutinitas dan pembiasaan yang kurang maksimal serta rendahnya kesadaran masyarakat. Kata kunci: Pondok Pesantren, Moralitas, Masyarakat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Dr. Hj. Marhumah, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Pondok Pesantren, Moralitas, Masyarakat
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Mar 2020 13:17
Last Modified: 16 Mar 2020 13:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36939

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum