MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA MATA PELAJARAN FIKIH SISWA TUNANETRA DI MAN 2 SLEMAN

Ahmad Abdullah, NIM. 13410237 (2019) MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA MATA PELAJARAN FIKIH SISWA TUNANETRA DI MAN 2 SLEMAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA MATA PELAJARAN FIKIH SISWA TUNANETRA DI MAN 2 SLEMAN)
13410237_ COVER, BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA MATA PELAJARAN FIKIH SISWA TUNANETRA DI MAN 2 SLEMAN)
13410237_ BAB II dan BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) digunakan oleh guru fikih di MAN 2 Sleman untuk membuat kegiatan belajar-mengajar menjadi lebih menyenangkan serta siswa dapat lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan hal-hal yang digunakan dalam Metode Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Pada Mata Pelajaran Fikih Siswa Tunanetra di MAN 2 Sleman, mengetahui dan mendiskripsikan peran siswa tunanetra dalam mengikuti kegiatan pembelajaran fikih di MAN 2 Sleman, serta mengetahui dan mendiskripsikan kelebihan dan kekurangan Metode pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) jika diterapkan pada mata pelajaran fikih khususnya pada siswa tunanetra. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di MAN 2 Sleman. Metode pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan Observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini digunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Hal-hal yang digunakan dalam metode pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) adalah Strategi Jigsaw Learning dan Card Sort. 2) Peran siswa tunanetra dalam kegiatan pembelajaran fikih di MAN 2 Sleman kurang begitu terlibat dengan baik ketika berada di lapangan akan tetapi cukup terlibat dengan baik ketika berada di kelas. (3) Kelebihan Metode CTL adalah siswa tunanetra jauh lebih mandiri dalam belajar terutama pada saat di kelas, dapat mengaitkan antara keilmuan dengan situasi kehidupan sehari-hari. Adapun kekurangannya adalah siswa tunanetra tidak dapat melakukan pengamatan secara sempurna dikarenakan keterbatasan dalam indra pengelihatan. Kata kunci: Metode pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning), Mata Pelajaran Fikih, Siswa Tunanetra.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Moch. Fuad
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning), Mata Pelajaran Fikih, Siswa Tunanetra
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Mar 2020 13:17
Last Modified: 16 Mar 2020 13:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36940

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum