ANALISIS EFISIENSI PENGELOLAAN PENGELUARAN BELANJA DAERAH PADA PEMERINTAH PROVINSI DI INDONESIA TAHUN 2013-2017

ACHMAD ROYYAN FARODIS, NIM. 15810045 (2019) ANALISIS EFISIENSI PENGELOLAAN PENGELUARAN BELANJA DAERAH PADA PEMERINTAH PROVINSI DI INDONESIA TAHUN 2013-2017. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (ANALISIS EFISIENSI PENGELOLAAN PENGELUARAN BELANJA DAERAH PADA PEMERINTAH PROVINSI DI INDONESIA TAHUN 2013-2017)
15810045_BAB_I_BAB_V_DAPUS.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS EFISIENSI PENGELOLAAN PENGELUARAN BELANJA DAERAH PADA PEMERINTAH PROVINSI DI INDONESIA TAHUN 2013-2017)
15810045_BAB_II_BAB_III_BAB_IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Pengelolaan pengeluaran belanja daerah merupakan langkah pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Indikator tingkat kesejahteraan masyarakat diproksikan dengan jumlah penduduk miskin. Meningkatnya kesejateraan masyarakat akan berpengaruh terhadap penurunan jumlah penduduk miskin. Sehingga berdampak pada pengelolaan pengeluaran belanja daerah yang efisien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efisiensi pengelolaan pengeluaran belanja daerah pada pemerintah provinsi di Indonesia dengan menggunakan pendekatan Stohastic Frontier Approach (SFA). Kemudian dari hasil nilai efisiensi SFA dilakukan uji regresi data panel dengan menggunakan faktor-faktor yang diduga mempengaruhi nilai efisiensi pengelolaan belanja daerah. Hasil yang diperoleh dengan menggunakan pendekatan SFA menunjukkan bahwa rata-rata tingkat efisien belanja daerah pada pemerintah provinsi di Indonesia tahun 2013-2017 tidak mencapai nilai efisiensi yang sempurna. Kemudian hasil dari regresi data panel menunjukkan bahwa secara simultan variabel jumlah penduduk, PDRB, inflasi dan jumlah fasilitas publik berpengaruh terhadap efisiensi belanja daerah dengan R-Square sebesar 98%. Sedangkan secara parsial variabel jumlah penduduk berpengaruh negatif dan signifikan terhadap efisiensi belanja daerah. Kemudian variabel jumlah penduduk, inflasi dan jumlah fasilitas publik tidak berpengaruh terhadap efisiensi belanja daerah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: MUH. RUDI NUGROHO, SE., M.SC
Uncontrolled Keywords: Belanja daerah, efisien, jumlah penduduk, PDRB, inflasi, dan jumlah fasilitas publik.
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 12 Dec 2019 10:18
Last Modified: 12 Dec 2019 10:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36962

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum