DETERMINAN PENDAPATAN PETANI CABAI DI KABUPATEN MAGELANG (STUDI KASUS DI DUSUN PRAMPELAN, DESA ADIPURO, KECAMATAN KALIANGKRIK, KABUPATEN MAGELANG)

KUN ISTA'IN, NIM. 15810120 (2019) DETERMINAN PENDAPATAN PETANI CABAI DI KABUPATEN MAGELANG (STUDI KASUS DI DUSUN PRAMPELAN, DESA ADIPURO, KECAMATAN KALIANGKRIK, KABUPATEN MAGELANG). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (DETERMINAN PENDAPATAN PETANI CABAI DI KABUPATEN MAGELANG (STUDI KASUS DI DUSUN PRAMPELAN, DESA ADIPURO, KECAMATAN KALIANGKRIK, KABUPATEN MAGELANG))
12810068_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA--.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (DETERMINAN PENDAPATAN PETANI CABAI DI KABUPATEN MAGELANG (STUDI KASUS DI DUSUN PRAMPELAN, DESA ADIPURO, KECAMATAN KALIANGKRIK, KABUPATEN MAGELANG))
15810120_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Cabai merupakan salah satu jenis tanaman sayuran yang dapat dibudidayakan secara komersil di daerah tropis terutama pada daerah dengan ketinggian 1300m DPL. Kabupaten Magelang merupakan daerah yang potensial untuk pengembangan tanaman cabai dibandingkan dengan kabupaten lain. Banyak sedikitnya pendapatan yang diterima oleh petani cabai merupakan tolak ukur kesejahteraan dan keberhasilan dalam bertani. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh modal usaha, jumlah benih, luas tanah, jumlah pekerja, dan penggunaan pupuk terhadap pendapatan petani cabai di Kabupaten Magelang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, yaitu data yang diperoleh langsung dari narasumber dengan menyebar kuisioner dan wawancara. Sampel dalam penelitian ini adalah 50 petani cabai. Alat estimasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Ordinary Least Square (OLS) menggunakan Eviews 10. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Modal Usaha, Tenaga Kerja berpengaruh positif dan signifikan, Luas Lahan berpengaruh negatif dan signifikan, dan variabel Jumlah Benih, dan Penggunaan Pupuk berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap pendapatan petani cabai di Kabupaten Magelang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SUNARSIH, S.E., M.SI..
Uncontrolled Keywords: Pendapatan, Modal Usaha, Jumlah Benih, Luas Lahan, Tenaga Kerja, Pupuk, OLS (Ordinary Least Square)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 13 Dec 2019 08:57
Last Modified: 13 Dec 2019 08:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36971

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum