ANALISIS TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBERDAYAAN EKONOMI UMAT DAN SUSTAINABILITAS BANK WAKAF MIKRO ALMUNA BERKAH MANDIRI YOGYAKARTA

SYAIFUL AMRI, NIM. 1620310059 (2019) ANALISIS TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBERDAYAAN EKONOMI UMAT DAN SUSTAINABILITAS BANK WAKAF MIKRO ALMUNA BERKAH MANDIRI YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBERDAYAAN EKONOMI UMAT DAN SUSTAINABILITAS BANK WAKAF MIKRO ALMUNA BERKAH MANDIRI YOGYAKARTA)
1620310059_BAB I_V_ DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBERDAYAAN EKONOMI UMAT DAN SUSTAINABILITAS BANK WAKAF MIKRO ALMUNA BERKAH MANDIRI YOGYAKARTA)
1620310059_BAB II_ III_ IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Salah satu penyebab utama masih tingginya angka kemiskinan dan kesenjangan pendapatan di negara kita saat ini adalah karena desain kebijakan ekonomi yang ada masih belum sepenuhnya berpihak pada kelompok masyarakat. Meski proporsi usaha mikro mendominasi struktur perekonomian nasional, kesempatan atau akses mereka terhadap sumber pembiayaan yang berasal dari institusi perbankan dan keuangan formal masih sangat terbatas. Mereka dianggap sebagai kelompok yang tidak bankable, sehingga dianggap tidak layak menerima kucuran kredit. Karena itu, dengan kondisi seperti ini, mendorong perkembangan Lembaga Keuangan Mikro Syariah, dalam hal ini Bank Wakaf Mikro, hal ini telah menjadi kebutuhan yang sangat mendesak bagi masyarakat, sebagai upaya untuk memperbesar akses finansial bagi kelompok masyarakat miskin yang produktif. Secara konsep, Bank Wakaf Mikro memiliki keberpihakan yang sangat nyata terhadap pengembangan usaha mikro yang dimiliki oleh masyarakat . Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pembiayaan pengaruh pembiayaan dan pendampingan usaha terhadap pemberdayaan usaha mikro dan subtainabilitas Bank Wakaf Mikro Almuna Berkah Mandiri Yogyakarta. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan sosiologis-yuridis. Populasi dalam penelitian ini merupakan nasabah. Sementara sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yakni ketua kumpi dan anggota. Dalam melakukan pengumpulan data teknik yang digunakan menggunakan observasi, wawancara, dan trianggulasi dengan analisis data menggunakan pendekatan Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa pembiayaan dan pendampingan usaha yang dilakukan oleh Bank Wakaf Mikro Almuna Berkah Mandiri berpengaruh terhadap adanya peningkatan jumlah produksi/jumlah penjualan, pendapatan usaha, laba usaha, dan kondisi perekonomian. Meskipun mengalami peningkatan, namun peningkatan tersebut tidak mengalami peningkatan secara signifikan, karena pembiayaan yang diberikan dirasa masih kecil untuk saat ini. Subtanaibilitas Bank Wakaf Mikro adalah kunci keberhasilah sebuah lembaga dalam sistem operasionalnya, untuk mengetahui hal tersebut, ada beberapa aspek meliputi regulasi, pengawasan, Sumber Daya Manusia (SDM), dan aspek modal, bahwa subtainabilitas atau keberlanjutan Bank Wakaf Mikro Almuna Berkah Mandiri dalam menjalan fungsinya adalah baik dan seuai dengan ketentuanketentuan syariah dan undang-undang. Sedangkan mekanisme akad yang digunakan dengan margin 2,5 sampai 3%, itu bukan termasuk dari akad pembiayaan pokok, namun menjadi akad baru, yakni akad ujrah atau upah yang diberikan kepada pendamping selaku pengisi materi keagamaan, sosial, dan bentuk kegiatan lainnya sesuai dengan kesepakatan anggota yang ditetapkan diawal.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. GUSNAM HARIS M. Ag
Uncontrolled Keywords: Bank Wakaf Mikro, Efektivitas Pembiayaan, Subtainabilitas, pembiayaan Qardh
Subjects: Bisnis Syari'ah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam > Hukum Bisnis Syari'ah
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 13 Dec 2019 14:19
Last Modified: 13 Dec 2019 14:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36980

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum