SKRIPSI MANAJEMEN PERAWATAN DAN ANALISIS POSTUR TUBUH OPERATOR MESIN KIKIR DENGAN METODE RCM DAN REBA RULA DI TS ALUMUNIUM YOGYAKARTA

ZAM ZAM KHOERI, NIM. 12660041 (2019) SKRIPSI MANAJEMEN PERAWATAN DAN ANALISIS POSTUR TUBUH OPERATOR MESIN KIKIR DENGAN METODE RCM DAN REBA RULA DI TS ALUMUNIUM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI MANAJEMEN PERAWATAN DAN ANALISIS POSTUR TUBUH OPERATOR MESIN KIKIR DENGAN METODE RCM DAN REBA RULA DI TS ALUMUNIUM YOGYAKARTA)
12660041_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI MANAJEMEN PERAWATAN DAN ANALISIS POSTUR TUBUH OPERATOR MESIN KIKIR DENGAN METODE RCM DAN REBA RULA DI TS ALUMUNIUM YOGYAKARTA)
12660041_BAB II_S.D_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

UMKM TS Alumunium merupakan satu dari seratus empat UMKM yang bergerak dibidang kerajinan logam di Kecamatan Umbulharjo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada bagian proses pengikiran di TS Alumunium Yogyakarta masih menggunakan cara manual sehingga waktu proses di stasiun ini lebih lama dan menyebabkan banyak antrian. Dengan proses pengkiran secara manual dan dilakukan dengan posisi membungkuk tentu sangat tidak baik bagi kesehatan serta sangat memungkinkan terjadinya cedera. Melihat permasalahan ini tim Manajemen Proyek Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta memberikan solusi dengan membuat sebuah mesin kikir dengan pertimbangan ergonomis. Namun mesin kikir terdapat kendala baru dimana ada bagian yang tidak terpasang atau bekerja dengan semestinya, sehingga penggunaan mesin kikir akan beresiko pada kecelakaan kerja. Melihat permasalahan tersebut, maka perlu adanya manajemen perawatan mesin dan analisis postur tubuh opertor untuk mengurangi resiko kecelakaan dan cedera tubuh. Berdasarkan analisis menggunakan FMEA dan pareto diketahui bahwa komponen kritis dari mesin kikir adalah dinamo dengan Function failure korslet, kapasitor rusak, dan angker dinamo longgar dengan masing-masing nilai RPN secara berurutan 175, 175, dan 160. Hasil dengan pengolahan decision worksheet RCM didapat usulan untuk tindakan perawatan yang sesuai pada komponen kritis. Berdasarkan analisis menggunakan REBA RULA diketahui bahwa pada proses pengikiran manual mempunyai resiko tinggi dan perlu segera dilakukan pemeriksaan atau perubahan. Sedangkan pada operator mesin kikir mempnyai resiko rendah yang berarti perlu adanya sedikit perubahan atau pemeriksaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Trio Yonathan Teja Kusuma, S.T., M.T.
Uncontrolled Keywords: RCM, FMEA, Pareto, Decision Worksheet RCM, REBA, RULA
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 16 Dec 2019 08:23
Last Modified: 16 Dec 2019 08:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36985

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum