PENGGUNAAN PENILAIAN PORTOFOLIO PADA PEMBELAJARAN KONSEP SISTEM EKSKRESI MANUSIA DALAM MENCAPAI KETUNTASAN BELAJAR BIOLOGI SMA (STUDI KASUS SISWA KELAS XI SEMESTER II SMA N I SUMBERLAWANG)

Niken Ulfah Rahmaningrum NIM. 05450011, (2010) PENGGUNAAN PENILAIAN PORTOFOLIO PADA PEMBELAJARAN KONSEP SISTEM EKSKRESI MANUSIA DALAM MENCAPAI KETUNTASAN BELAJAR BIOLOGI SMA (STUDI KASUS SISWA KELAS XI SEMESTER II SMA N I SUMBERLAWANG). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN PENILAIAN PORTOFOLIO PADA PEMBELAJARAN KONSEP SISTEM EKSKRESI MANUSIA DALAM MENCAPAI KETUNTASAN BELAJAR BIOLOGI SMA (STUDI KASUS SISWA KELAS XI SEMESTER II SMA N I SUMBERLAWANG))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (680kB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN PENILAIAN PORTOFOLIO PADA PEMBELAJARAN KONSEP SISTEM EKSKRESI MANUSIA DALAM MENCAPAI KETUNTASAN BELAJAR BIOLOGI SMA (STUDI KASUS SISWA KELAS XI SEMESTER II SMA N I SUMBERLAWANG))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (369kB)

Abstract

Penelitian penggunaan penilaian portofolio pada pembelajaran konsep sistem ekskresi manusia di SMA 1 Negeri Sumberlawang Kab. Sragen dengan latar belakang lemahnya proses penilaian dalam kegiatan pembelajaran. Melalui penelitian ini diharapkan dapat diketahui hasil belajar siswa, ketuntasan belajar dalam pembelajaran konsep sistem ekskresi manusia, dan sekaligus diketahui tanggapan guru dan siswa terhadap penggunaan penilaian portofolio. Penelitian ini merupakan suatu studi kuasi eksperimen dengan desain berbentuk Randomized Pre test-Post test Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri I Sumberlawang, Kabupaten Sragen, tahun ajaran 2008/2009. Pengambilan sampel dilakukan secara random. kelas XIA1 sebagai kelas kontrol menggunakan penilaian biasa dan XIA2 sebagai kelas eksperimen yang diberi penilaian dengan penilaian portofolio. Instrumen penelitian ini adalah soal pre test-post test berupa soal pilihan ganda sebanyak 15 item, angket tanggapan siswa, dan lembar wawancara. Pelaksanaan penilaian sebelum penggunaan penilaian portofolio hanya berdasarkan pengetahuan saja. Hasil belajar siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah pembelajaran konsep sistem ekskresi manusia terdapat perbedaan, rata-rata nilai tes akhir kelompok eksperimen 7.684 dan rata-rata nilai kelompok kontrol 5.631. Setelah pengujian statistik ternyata terdapat perbedaan sangat signifikan (p 0.01) antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Secara individu kelompok eksperimen sebagian besar (81.58 %) telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan kelompok kontrol sebagian kecil (47.36 %) telah mencapai ketuntasan belajar. Tanggapan siswa 68.42% memiliki ketertarikan tinggi terhadap pembelajaran. Tanggapan guru terhadap penggunaan penilaian portofolio adalah positif. Guru sangat mendukung karena siswa lebih kreatif dalam belajar, dan penilaian berdasarkan pengetahuan, sikap dan keterampilan siswa. Penilaian portofolio dapat dijadikan salah satu alternatif penilaian pembelajaran dalam mencapai hasil dan ketuntasan belajar biologi pada Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Sumberlawang Kab.Sragen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Suhardi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Ketuntasan, belajar, biologi, ekskresi, portofolio, dan SMA.
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2012 13:36
Last Modified: 01 Mar 2016 04:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3702

Actions (login required)

View Item View Item