BIOLOGI KONSERVASI Integrasi Pandangan Islam dan Peran Masyarakat Dalam Konservasi Ekosistem Menuju Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development GoalsSDGs)

Nahdi, Maizer Said (2019) BIOLOGI KONSERVASI Integrasi Pandangan Islam dan Peran Masyarakat Dalam Konservasi Ekosistem Menuju Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development GoalsSDGs). In: Pidato Pengukuhan Guru Besar dalam Bidang Ilmu Biologi Disampaikan di Hadapan Rapat Senat Terbuka Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 21 November 2019, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Meizer_BIOLOGI KONSERVASI.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sesungguhnya Allah swt. telah menciptakan alam semesta dengan suatu sistem dan mekanisme yang sangat mengagumkan, teliti dan detail sehingga keseimbangannya selalu terjaga meskipun selalu terjadi perubahan secara terus menerus (Q.S. Ar Ra’d: 3; Al-Mulk [67]:3)2. Alam merupakan ekosistem terbesar yang selalu menjaga keseimbangannya secara otomatis, terbuka dan dinamis. Proses terjaganya sistem keseimbangan tersebut terdapat baik pada lingkungan biotik maupun lingkungan abiotik. Keseimbangan ekosistem merupakan suatu kondisi yang berlangsung secara harmonis antara komponen makhluk hidup dengan lingkungannya yang berdampak positif bagi keselarasan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya, dan telah berjalan ratusan bahkan jutaan tahun.

Item Type: Conference or Workshop Item (Lecture)
Uncontrolled Keywords: BIOLOGI KONSERVASI, Integrasi Pandangan Islam, Peran Masyarakat, Konservasi Ekosistem
Subjects: Biologi
Divisions: Dokumentasi
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 17 Dec 2019 08:35
Last Modified: 17 Dec 2019 08:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37020

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum