ANALISIS KEAMANAN SISTEM INFORMASI BERDASARKAN STANDAR ISO 27001 PADA JARINGAN KLINIK PRATAMA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Ferdian Noor Pambudi, NIM. 12650025 (2019) ANALISIS KEAMANAN SISTEM INFORMASI BERDASARKAN STANDAR ISO 27001 PADA JARINGAN KLINIK PRATAMA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KEAMANAN SISTEM INFORMASI BERDASARKAN STANDAR ISO 27001 PADA JARINGAN KLINIK PRATAMA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
12650025_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KEAMANAN SISTEM INFORMASI BERDASARKAN STANDAR ISO 27001 PADA JARINGAN KLINIK PRATAMA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
12650025_BAB-II_sampai_BAB-SEBELUM-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis tingkat kematangan keamanan sistem informasi serta keamanan jaringan pada Klinik Pratama UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Proses pengambilan data dilakukan dengan audit pada Sistem informasi dan Administrasi (SIMA) dengan klausul kebijakan keamanan, pengelolaan aset, keamanan fisik dan lingkungan, manajemen komunikasi dan operasi, serta pengendalian akses berdasarkan ISO 27001, kemudian dilakukan pengujian keamanan jaringan dengan melakukan pengujian penyerangan pada jaringan komputer yang diterapkan di Klinik Pratama UIN Sunan Kalijaga. Data yang dianalisis berupa data kusioner yang diperoleh dari hasil wawancara pihak pengurus Sistem Informasi dan Administrasi (SIMA) di Klinik Pratama sesuai dengan klausul dengan pendekatan Maturity level. Sedangkan data yang dianalisis untuk keamanan jaringan, diperoleh dengan melakukan pengujian penyerangan (penetration testing) dari tahapan information gathering, vunerability assessment dan spoofing. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keamanan dari Sistem Informasi dan Administrasi (SIMA) Klinik Pratama UIN Sunan Kalijaga berdasarkan klausul kebijakan keamanan, pengelolaan aset, keamanan fisik dan lingkungan, manajemen komunikasi dan operasi dan pengendalian akses menurut ISO 27001 berada pada skala kematangan 2,288 (Repeatable but Intuitive). Sedangkan pada keamanan jaringannya tidak rentan atau aman karena pada serangan MitM (Man in the Middle Attack) menggunakan ARP Poisoning tidak berhasil masuk ke jaringan komputer di Klinik Pratama UIN Sunan Kalijaga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sumarsono, S.T., M.Kom.,
Uncontrolled Keywords: Klinik Pratama UIN Sunan Kalijaga, Sistem Informasi dan Administrasi (SIMA), ISO 27001, pengujian penyerangan.
Subjects: Tehnik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 17 Dec 2019 09:55
Last Modified: 17 Dec 2019 09:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37027

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum