PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK PONDOK PESANTREN MADRASAH ALIYAH WATHONIYAH ISLAMIYAH KEBARONGAN MENGGUNAKAN METODE EXTREME ROGRAMMING

Yaumi Hashiful Insi, NIM. 12650043 (2019) PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK PONDOK PESANTREN MADRASAH ALIYAH WATHONIYAH ISLAMIYAH KEBARONGAN MENGGUNAKAN METODE EXTREME ROGRAMMING. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK PONDOK PESANTREN MADRASAH ALIYAH WATHONIYAH ISLAMIYAH KEBARONGAN MENGGUNAKAN METODE EXTREME ROGRAMMING)
12650043_BAB-I_VII_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK PONDOK PESANTREN MADRASAH ALIYAH WATHONIYAH ISLAMIYAH KEBARONGAN MENGGUNAKAN METODE EXTREME ROGRAMMING)
12650043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi di Indonesia saat ini sedang berkembang dengan sangat pesat. Salah satunya adalah dalam aspek pendidikan. Perkembangan teknologi Informasi dalam pendidikan yang sangat dibutuhkan oleh lembaga pendidikan saat ini adalah sistem informasi akademik yang mana sistem ini dapat membantu lembaga pendidikan dalam mengelola semua kegiatan akademik. Dalam hal ini, Pondok Pesantren Madrash Aliyah Wathoniyah Islamiyah Kebarongan sebagai salah satu lembaga akademik yang belum mempunyai sistem infromasi akademik sangat membutuhkan sistem tersebut untuk mengelola kegiatan akademis menjadi lebih efisien. Pengembangan sistem dalam penelitian ini menggunakan metode Extreme Programming. Metode ini dipilih karena pengembangan yang dilakukan masih dalam skala kecil. Selain itu metode ini memiliki proses yang sederhana, cepat dan tepat karena mengedepankan aspek komunikasi antara klien dengan pengembang. Kemudian adanya proses refactoring membuat metode ini sebagai metode pengembangan sistem yang adaptif yang dapat menerima perubahan kapan saja. Hal ini demi keberhasilan dari pengembangan sistem tersebut. Empat tahapan dalam metode ini adalah planning, design, coding dan testing. Sistem Infromasi Akademik Pondok Pesantran Madrasah Aliyah Wathoniyah Islamiyah Kebarongan ini memiliki beberapa fitur, diantarnya adalah fitur untuk mengelola data master, data nilai dan presesnsi siswa. Sistem ini dapat diakses oleh pihak sekolah untuk mengelola data akademik dan siswa untuk melihat data akademik. Sistem ini membantu pihak sekolah dalam mengelola data akademik menjadi lebih efiesien. Hasil dari pengujian fungsionalitas sistem ini adalah 100 % dan untuk usability sebanyak 90,25 % responden dapat menerima sistem ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Agung Fatwanto, S.Si., M.Kom. selaku
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Sistem Informasi Akademik, Pendidikan, Sekolah Extreme Programming
Subjects: Tehnik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 17 Dec 2019 12:46
Last Modified: 17 Dec 2019 12:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37038

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum