INKLUSI SOSIAL REMAJA DISABILITAS DI PANTI KEMANDIRIAN DISABILITAS YAYASAN SAYAP IBU CABANG DIY

VIKRI RAHMADDANI, NIM. 17200010153 (2019) INKLUSI SOSIAL REMAJA DISABILITAS DI PANTI KEMANDIRIAN DISABILITAS YAYASAN SAYAP IBU CABANG DIY. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INKLUSI SOSIAL REMAJA DISABILITAS DI PANTI KEMANDIRIAN DISABILITAS YAYASAN SAYAP IBU CABANG DIY)
17200010153_BAB-I_BAB-VI_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (INKLUSI SOSIAL REMAJA DISABILITAS DI PANTI KEMANDIRIAN DISABILITAS YAYASAN SAYAP IBU CABANG DIY)
17200010153_BAB-II_SAMPAI_BAB-V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Terdapat banyak lembaga sosial yang bergerak dalam pendidikan dan rehabilitas remaja, baik dilakukan oleh lembaga pemerintah atau lembaga yang bergerak secara mandiri (NGO). Secara umum gerakan tersebut diorientasikan kepada remaja dengan latar belakang kenakalan atau berbagai jenis pelanggaran sosial, namun jarang ditemukan lembaga yang bergerak di wilayah inklusi sosial terhadap penyandang disabilitas. Panti Kemandirian Disabilitas adalah lembaga yang bergerak di wilayah tersebut, dan yang menjadi permasalahannya yaitu rendahnya inklusifitas yang dimiliki penyandang disabilitas. Panti juga masih kurang dalam mendorong inklusi sosial terhadap peyandang disabilitas maupun masyarakat sekitar, sehingga penulis memilih panti tersebut sebagai lokasi dalam meneliti layanan-layanan berbasis inklusi sosial terhadap penyandang disabilitas. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, dokumentasi dan wawancara kepada ketua panti kemandirian disabilitas, segenap pengurus, remaja disabilitas dan masyarakat. Adapun tahap analisis yang dilakukan yakni dimulai dengan membaca keseluruhan data, koding, membuat tema-tema kecil, dan menyajikannya dalam bentuk narasi, serta melakukan interpretasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Panti Kemandirian Disabilitas terdapat beberpa hal penting dalam proses inklusi sosial yaitu : a) layanan kemandirian; yaitu memberikan pendidikan tanggung jawab personal yaitu mengurus kebersihan, kerapian, kesehatan, dan kemampuan berpartisipasi dengan masyarakat sekitar. b) Pembinaan keterampilan; yaitu pendidikan keterampilan kerja (beternak, berkebun, membatik, melukis, membuat aksesoris dll) tujuan keterampilan tersebut dapat diaplikasikan dan dikembangkan sebagai modal kemandirian dalam menjalahi kehidupan di masyarakat. Selanjutnya c) untuk melakukan inklusifitas panti juga dibantu, diuntungkan dengan adanya aktivisaktivis difabel dalam masyarakat setempat yang gencar melakukan advokasi untuk merubah persepsi masyarakat terhadap penyandang disabilitas. Sehingga terbukanya ruang-ruang inklusi sosial di tengah masyarakat. Sebab, dengan terhapusnya stigma negatif masyarakat terhadap individu penyandang disabilitas, situasi tersebut merupakan peluang besar untuk semakin digalakkannya gerakan sosialisasi disabilitas dan pembentukan budaya sosial yang ramah disabilitas.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Ro'fah, M.S.W., M.A., Ph.D
Uncontrolled Keywords: Inklusi Sosial, Remaja Disabilitas
Subjects: DISABILITAS
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Pekerjaan Sosial
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 30 Dec 2019 14:02
Last Modified: 30 Dec 2019 14:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37138

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum