STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN HARIAN JOGJA DALAM MEMASUKI PASAR DI YOGYAKARTA

ARIS WAHYUDI - NIM. 04210108, (2010) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN HARIAN JOGJA DALAM MEMASUKI PASAR DI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN HARIAN JOGJA DALAM MEMASUKI PASAR DI YOGYAKARTA )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (702kB) | Preview
[img] Text (STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN HARIAN JOGJA DALAM MEMASUKI PASAR DI YOGYAKARTA )
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)

Abstract

Era demokrasi menjadi pijakan ideal bagi negeri ini untuk melangkah ke arah yang lebih baik dari era sebelumnya. Era ini ditandai dengan semakin transparansinya informasi mengenai kinerja pemerintah di mata warganya. Hal ini bisa dilihat dengan tumbuh suburnya industri persuratkabaran yang semakin menjamur di negeri ini. Oleh karena itu tak heran jika banyak wajah surat kabar baru yang menghiasi industri bisnis informasi tersebut. Namun disisi lain hal ini juga yang menyebabkan persaingan semakin ketat dan tak berujung sehingga membutuhkan strategi komunikasi pemasaran yang benar-benar mampu untuk mengenalkan, membujuk masyarakat untuk membeli dan mengingatkan secara kontinyu pada masyarakat akan hadirnya surat kabar baru di tengah-tengah mereka. Pada bulan Mei tahun 2008 telah terbit surat kabar lokal baru yaitu Harian Jogja yang menambah sederetan persaingan dalam pelayanan jasa informasi untuk masyarakat Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya. Surat kabar lokal yang telah eksis di Yogyakarta antara lain Kedaulatan Rakyat, Bernas, Radar Jogja perwakilan dari Jawa Pos, Kompas Jogja dan Sindo Jateng - DIY. Terbitnya Harian Jogja sebagai surat kabar lokal baru mempunyai peranan yang harus dibangun terlebih dahulu yaitu untuk menjalin komunikasi antara pengelola dengan pembaca sehingga Harian Jogja bisa dikenal dengan baik oleh masyarakat. Pengenalan kepada masyarakat Yogyakarta melalui strategi komunikasi pemasaran yang tepat menjadi hal yang paling utama dilakukan dalam rangka mendapatkan perhatian masyarakat. Dengan dikenalnya surat kabar tersebut maka selanjutnya bisa menjadi mitra para pembacanya akan informasi yang aktual dan para pemasang iklan untuk membeli space iklan yang disediakan Harian Jogja setiap harinya. Oleh karena itu strategi komunikasi pemasaran Harian Jogja dalam memasuki pasar di Yogyakarta menjadi faktor yang sangat perlu diperhatikan dan diperhitungkan untuk mendapatkan segmen pasar (pembaca maupun pengiklan) yang tepat bagi kelangsungan hidup perusahaan dan kesejahteraan para karyawannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Abdul Rozak, M.Pd
Uncontrolled Keywords: industri persuratkabaran, strategi komunikasi pemasaran
Subjects: Komunikasi Islam
Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 27 Aug 2012 21:02
Last Modified: 16 Oct 2015 09:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3717

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum