KARAKTERISASI DAN UJI KEMAMPUAN DEGRADASI FENOL PADA BAKTERI INDIGEN DARI LIMBAH CAIR LABORATORIUM TERPADU UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Imam Syafiih, NIM. 12640042 (2019) KARAKTERISASI DAN UJI KEMAMPUAN DEGRADASI FENOL PADA BAKTERI INDIGEN DARI LIMBAH CAIR LABORATORIUM TERPADU UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KARAKTERISASI DAN UJI KEMAMPUAN DEGRADASI FENOL PADA BAKTERI INDIGEN DARI LIMBAH CAIR LABORATORIUM TERPADU UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
12640042_BAB I_V_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KARAKTERISASI DAN UJI KEMAMPUAN DEGRADASI FENOL PADA BAKTERI INDIGEN DARI LIMBAH CAIR LABORATORIUM TERPADU UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
12640042_BAB II_sampai_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.PDF.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (960kB)

Abstract

Fenol merupakan senyawa organik yang bersifat toksik bagi makhluk hidup dan lingkungan. Bioremidiasi dapat dijadikan alternatif dalam mengatasi masalah pencemaran lingkungan oleh fenol secara mikrobiologis. Penelitian ini bertujuan untuk mengisolasi, menyeleksi dan mengidentifikasi bakteri indigen yang diisolasi dari limbah cair laboratorium UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Isolasi dilakukan dengan metode Enrichment culture menggunakan medium Ramsay yang mengandung fenol 500 mg/L dan glukosa 0,125 g/L, kemudian ditumbuhkan kembali pada medium Ramsay dengan fenol 300 mg/L tanpa glukosa hingga didapatkan isolat terpilih. Hasil isolasi digunakan untuk uji kemampuan degradasi dan pertumbuhan bakteri dengan variasi suhu (20 oC, 30 oC dan 40oC) dan pH (5, 7, 9) dalam medium Ramsay yang mengandung fenol 300ppm. Kemudian dilakukan karakterisasi morfologi dan biokimia hingga didapatkan karakter fenotipik. Hasil karakterisasi selanjutnya digunakan untuk identifikasi hingga tingkat genus, mengacu pada Bergeys’ Manual of Determinative Bacteriology dan Bergeys’ Manual of Systematic Bacteriology dengan metode profile matching isolat terpilih. Dibuat klasifikasi fenetik Numerical Taxonomy hingga diperoleh matriks similaritas (SSM) dan konstruksi dendogram menggunakan Algoritma Average Linkage (UPGMA). Hasil menunjukkan bahwa terdapat lima isolat terpilih yang diperoleh dari limbah cair laboratorium UIN Sunan Kalijaga yang mampu mendegradasi fenol hingga konsentrasi 300ppm, ke lima isolat yaitu FR-1, FR-2, FR-3, FR-4 dan FR5, memiliki karakter yang mirip genus Pseudomonas (FR-1 dengan kemiripan 80% dan FR-2 dengan kemiripan 85%), Bacillus (FR3 dengan kemiripan 90%), Rhodococcus (FR-4 dengan kemiripan 90%) dan Micrococcus (FR-5 dengan kemiripan 85%) berdasarkan kemiripan karakter morfologi dan biokimia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Arifah Khusnuryani, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Bakteri indigen, Bioremidiasi, Fenol, Karakterisasi, Numerical Taxonomy, Profile matching
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 02 Jan 2020 09:13
Last Modified: 02 Jan 2020 09:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37173

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum