ISOLASI DAN KARAKTERISASI FUNGI ENDOFIT PENGHASIL ENZIM FOSFATASE DARI AKAR Rhizophora mucronata ASAL HUTAN MANGROVE WANATIRTA KULON PROGO

Hanim Fitriyana, NIM. 15640013 (2019) ISOLASI DAN KARAKTERISASI FUNGI ENDOFIT PENGHASIL ENZIM FOSFATASE DARI AKAR Rhizophora mucronata ASAL HUTAN MANGROVE WANATIRTA KULON PROGO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ISOLASI DAN KARAKTERISASI FUNGI ENDOFIT PENGHASIL ENZIM FOSFATASE DARI AKAR Rhizophora mucronata ASAL HUTAN MANGROVE WANATIRTA KULON PROGO)
15640013_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ISOLASI DAN KARAKTERISASI FUNGI ENDOFIT PENGHASIL ENZIM FOSFATASE DARI AKAR Rhizophora mucronata ASAL HUTAN MANGROVE WANATIRTA KULON PROGO)
15640013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Senyawa fosfat tersedia dalam jumlah yang besar di dalam tanah, namun sebagian terdapat dalam bentuk yang tidak larut sehingga tidak dapat digunakan oleh tanaman. Kelarutan fosfat anorganik dalam tanah dapat ditingkatkan dengan bantuan enzim fosfatase yang disekresikan oleh fungi endofit. Keberadaan bakau hitam (R. mucronata) sebagai spesies dominan di hutan mangrove Wanatirta, Kulon Progo tentu tidak lepas dari peran fungi endofit yang memproduksi senyawa penting bagi pertumbuhan dan perkembangan tanaman inang diantaranya adalah enzim fosfatase. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman serta potensi fungi endofit akar bakau hitam (R. mucronata) asal hutan mangrove Wanatirta dalam menghasilkan enzim fosfatase. Tahapan penelitian diawali dengan proses pengambilan sampel akar R. mucronata pada bagian pangkal, tengah dan ujung. Isolasi fungi endofit dilakukan dengan menumbuhkan ketiga bagian akar pada medium Pikovskaya yang mengandung fosfat tidak larut yaitu kalsium fosfat (Ca₃(PO₄)₂). Isolat fungi endofit dimurnikan pada medium PDA (Potato Dextrose Agar) dan dilakukan uji skrining aktivitas fosfatase untuk mengetahui kemampuan masing-masing isolat dalam menghasilkan enzim fosfatase. Karakterisasi isolat fungi endofit dilakukan dengan mengamati kenampakan mikroskopis maupun makroskopis masing-masing isolat kemudian membandingkannya dengan buku identifikasi fungi. Hasil dari isolasi fungi diperoleh enam isolat fungi endofit akar R. mucronata yaitu isolat U2A, T2A, T3B, P2, P3A dan P3B. Isolat P2 berpotensi menghasilkan enzim fosfatase yang ditandai dengan terbentuknya zona bening di sekitar isolat fungi dengan indeks kelarutan fosfat (IKF) sebesar 2,04. Berdasarkan hasil profile matching, isolat P2 termasuk ke dalam genus Penicillium.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Jumailatus Solihah, S.Si., M. Biotech
Uncontrolled Keywords: akar Rhizopora mucronata, enzim fosfatase, fungi endofit, mangrove
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 02 Jan 2020 09:32
Last Modified: 02 Jan 2020 09:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37178

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum