PAPARAN LIMBAH BATIK PEKALONGAN TERHADAP RAM JET VENTILATION DAN PERUBAHAN STRUKTUR ANATOMI INSANG IKAN NILA (Oreochromis niloticus) (Saanin, 1984)

Nur Shabrina Muna, NIM. 15640019 (2019) PAPARAN LIMBAH BATIK PEKALONGAN TERHADAP RAM JET VENTILATION DAN PERUBAHAN STRUKTUR ANATOMI INSANG IKAN NILA (Oreochromis niloticus) (Saanin, 1984). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PAPARAN LIMBAH BATIK PEKALONGAN TERHADAP RAM JET VENTILATION DAN PERUBAHAN STRUKTUR ANATOMI INSANG IKAN NILA (Oreochromis niloticus) (Saanin, 1984))
15640019_BAB_I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Other (PAPARAN LIMBAH BATIK PEKALONGAN TERHADAP RAM JET VENTILATION DAN PERUBAHAN STRUKTUR ANATOMI INSANG IKAN NILA (Oreochromis niloticus) (Saanin, 1984))
15640019_BAB II_S.D_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Kota Pekalongan merupakan salah satu daerah industri tekstil yang memproduksi batik dengan skala yang besar. Produsen batik yang tidak memiliki instalasi pengolahan limbah akan membuang hasil limbah pembuatan batik ke sungai. Limbah kebanyakan berasal dari proses pencucian yang mengandung logam berat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh paparan limbah batik terhadap perubahan ram jet ventilation, struktur anatomi insang ikan nila (Oreochromis niloticus) secara maksroskopis dan mikroskopis serta parameter lingkungan air uji. Metode pada penelitian ini menggunakan metode rancangan acak lengkap. Ikan berukuran 11-13 cm sebanyak 5 ekor pada setiap akuarium, dipapar limbah batik selama 4 hari dengan varian konsentrasi bertingkat yaitu 500 ppm, 1500 ppm, 2500 ppm, dan 3500 ppm serta ikan kontrol sebagai acuan. Analisis data ram jet ventilation menggunakan anava one way dilanjutkan DMRT, sedangkan secara makroskopis dan mikroskopis menggunakan deskriptif kualitatif dengan membandingkan organ insang kondisi normal dan kondisi perlakuan berbagai variasi konsentrasi. Analisis histopatologi insang mengacu pada standar Tandjung. Hasil penelitian ini menunjukkan ikan yang dipapar limbah batik konsentrasi 500 ppm dan 1500 ppm selama 4 hari tidak berpengaruh nyata terhadap peningkatan frekuensi ram jet ventilation, namun konsentrasi 2500 ppm dan 3500 ppm berpengaruh nyata terhadap frekuensi ram jet ventilation ikan nila secara signifikan (Oreochromis niloticus). Perubahan makroskopis terlihat jaringan insang yang dipapar limbah batik mengalami perubahan warna menjadi merah kecoklatan pucat dan ditemukan cairan lendir relatif banyak. Paparan variasi konsentrasi bertingkat menyebabkan perubahan struktur jaringan anatomi mikroskopis insang ikan nila seperti edema pada lamela primer, hyperplasia pada lamela sekunder, fusi antar lamela sekunder dan hyperplasia interlamela dan menunjukkan tingkat pencemaran sedang. Kualitas air yang terpapar limbah cair batik setelah dilakukan uji baik fisik maupun kimia diperoleh hasil yang normal dimana suhu (26-270C), pH (6-7) dan DO (4,1 mg/l) air masih berada kisaran batas ambang normal untuk kehidupan ikan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Najda Rifqiyati, M.Si
Uncontrolled Keywords: Histologi, Limbah batik, Nila (Oreochromis niloticus), Ram jet ventilation, Struktur anatomi insang
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 02 Jan 2020 10:08
Last Modified: 02 Jan 2020 10:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37179

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum