MATRIKS INVERS TERGENERALISASI ATAS LAPANGAN BERHINGGA DAN APLIKASINYA PADA SISTEM KRIPTOGRAFI CHIPER HILL

FAHDINA YAHADIYANA, NIM. 15610043 (2019) MATRIKS INVERS TERGENERALISASI ATAS LAPANGAN BERHINGGA DAN APLIKASINYA PADA SISTEM KRIPTOGRAFI CHIPER HILL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MATRIKS INVERS TERGENERALISASI ATAS LAPANGAN BERHINGGA DAN APLIKASINYA PADA SISTEM KRIPTOGRAFI CHIPER HILL)
15610043_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (MATRIKS INVERS TERGENERALISASI ATAS LAPANGAN BERHINGGA DAN APLIKASINYA PADA SISTEM KRIPTOGRAFI CHIPER HILL)
15610043_BAB II sampai SEBELUM BAB TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (20MB)

Abstract

Kriptografi merupakan seni atau ilmu yang menjaga kerahasiaan suatu pesan atau informasi, yaitu dengan mengubah pesan asli menjadi suatu kode atau sandi agar tidak diketahui oleh pihak lain. Pengubahan pesan asli menjadi suatu kode atau sandi terdiri dari dua proses yaitu proses enkripsi dan proses dekripsi. Pada skema proses enkripsi, kunci simetris dibedakan menjadi dua yaitu block-cipher dan stream-cipher. Salah satu sistem kriptografi kunci simetris dengan block-cipher adalah Cipher Hill. Secara umum, sistem kriptografi Cipher Hill menggunakan matriks persegi sebagai kuncinya. Namun, pada penelitian ini akan dikembangkan sistem kriptografi Cipher Hill dengan menggunakan matriks invers tergeneralisasi dimana entri-entri matriksnya merupakan elemen di lapangan berhingga GF(pn). Dengan berdasarkan matriks invers tergeneralisasi atas lapangan berhingga akan diteliti syarat dan ketentuan agar dapat mengembangkan sistem kriptografi Cipher Hill supaya tidak hanya terbatas pada kunci dengan matriks persegi. Kemudian perhitungan proses enkripsi dan dekripsi pada sistem kriptopgrafi Cipher Hill menggunakan matriks invers tergeneralisasi atas lapangan berhingga akan diuji coba menggunakan software Maple 18 dengan memilih lapangan berhingga GF(24): Dengan menggunakan konsep matriks invers tergeneralisasi atas lapangan GF(pn), dari blok-blok plainteks yang panjangnya r nantinya akan diperoleh cipherteks yang panjangnya m (panjang plainteks dan cipherteks berbeda).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: M. Zaki Riyanto, M. Sc
Uncontrolled Keywords: Kriptografi, Cipher Hill, enkripsi, dekripsi, matriks invers tergeneralisasi, lapangan berhingga.
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 03 Jan 2020 09:32
Last Modified: 03 Jan 2020 09:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37197

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum