KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS V SD NAHDLATUL ULAMA YOGYAKARTA

Adi Setiawan, NIM. 14480103 (2019) KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS V SD NAHDLATUL ULAMA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS V SD NAHDLATUL ULAMA YOGYAKARTA)
14480103_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (337kB) | Preview
[img] Text (KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS V SD NAHDLATUL ULAMA YOGYAKARTA)
14480103_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Adi Setiawan (14480103), “Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Kelas V SD Nahdlatul Ulama Yogyakarta”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2019. Mata pelajaran Sains sangat penting untuk diajarkan dan dipelajari, mata pelajaran ini diberikan mulai dari Sekolah Dasar hingga tingkat menengah. Di SD Nahdlatul Ulama Yogyakarta peneliti mengukur kelas V sebagai populasi penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi kemampuan literasi sains peserta didik kelas V SD Nahdltul Ulama Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Kuantitatif Deskriptif. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Nahdlatul Ulama Yogyakarta, dan untuk sampelnya kelas VB. Teknik dan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes sebagai pengumpulan data yang utama atau primer berbentuk soal pilihan ganda. Untuk wawancara, dokumentasi, dan observasi sebagai teknik pengumpulan data sekunder. Salah satu alasan pemilihan SD Nahdlatul Ulama Yogyakarta sebagai sampel adalah karena orang tua dan masyarakat memberikan kepercayaan putra-putrinya agar mendapatkan keberhasilan dalam prestasinya. Berdasarkan PISA 2015 kerangka kerja sains terdapat empat area yaitu area konteks sains, area kompetensi sains, area pengetahuan, dan area sikap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains peserta didik kelas VB SD Nahdlatul Ulama Yogyakarta tahun ajaran 2019/2020 terdapat 4 kriteria. Pertama, Kriteria sangat tinggi terdapat 4 peserta didik. Kedua, kriteria tinggi terdapat 3 peserta didik. Ketiga, kriteria sedang terdapat 9 peserta didik. Dan keempat, kriteria rendah terdapat 9 peserta didik. Jadi dapat disimpulkan dari empat area literasi sains yakni sebesar 77,80 atau kategori sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Fitri Yuliawati, M.Pd.Si.,
Uncontrolled Keywords: PISA, Kemampuan Literasi Sains, SD Nahdlatul Ulama Yogyakarta.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 03 Jan 2020 13:57
Last Modified: 03 Jan 2020 13:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37207

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum