STRATEGI MENUMBUHKAN LITERASI BACA TULIS PESERTA DIDIK DI PERPUSTAKAAN PELANGI ILMU SD SENDANGSARI PAJANGAN BANTUL

Aisyah Putri Deapalupi, NIM.14480106 (2019) STRATEGI MENUMBUHKAN LITERASI BACA TULIS PESERTA DIDIK DI PERPUSTAKAAN PELANGI ILMU SD SENDANGSARI PAJANGAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (STRATEGI MENUMBUHKAN LITERASI BACA TULIS PESERTA DIDIK DI PERPUSTAKAAN PELANGI ILMU SD SENDANGSARI PAJANGAN BANTUL)
14480106_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI MENUMBUHKAN LITERASI BACA TULIS PESERTA DIDIK DI PERPUSTAKAAN PELANGI ILMU SD SENDANGSARI PAJANGAN BANTUL)
14480106_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (635kB)

Abstract

Aisyah Putri Deapalupi, “Strategi Menumbuhkan Literasi Baca Tulis Peserta Didik Di Perpustakaan Pelangi Ilmu Sd Sendangsari Pajangan Bantul”. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2018. Latar belakang penelitian ini adalah pernyataan dari Pustakawan SD Sendangsari menyatakan bahwa ada sebagian peserta didik yang cenderung kurang merespon kegiatan literasi baca tulis di perpustakaan serta wali kelas yang hanya memantau sekilas kegiatan literasi baca-tulis di perpustakaan. Maka dari itu Perpustakaan Pelangi Ilmu menerapkan strategi menumbuhkan literasi baca tulis dalam program literasi yang dicanangkan pemerintah. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui bagaimana strategi menumbuhkan literasi baca tulis peserta didik, dan (2) mengetahui bagaimana pelayanan perpustakaan dalam menumbuhkan literasi baca tulis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu penelitian untuk mendapatkan gambaran atau deskripsi tentang strategi menumbuhkan literasi baca tulis di Perpustakaan Pelangi Ilmu SD Sendangsari Pajangan Bantul. Pengumpulan data pada penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara semiterstruktur, observasi non partisipan, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini terdiri dari pustakawan, guru/wali kelas IV dan V, peserta didik, dan Kepala Sekolah SD Sendangsari Pajangan Bantul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi menumbuhkan literasi baca tulis di Perpustakaan Pelangi Ilmu ada lima strategi dan indikator penunjangnya. Akan tetapi strategi yang diterapkan belum berjalan maksimal karena ada indikator yang belum terlaksana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Andi Prastowo, M. Pd. I.,
Uncontrolled Keywords: Strategi, Literasi Baca Tulis, dan Perpustakaan
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 03 Jan 2020 14:04
Last Modified: 03 Jan 2020 14:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37208

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum