IMPLEMENTASI BOARDING SCHOOL DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN SISWA DI MI NURUL ULUM BANTUL

Heni Musbarokah, NIM. 14480121 (2019) IMPLEMENTASI BOARDING SCHOOL DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN SISWA DI MI NURUL ULUM BANTUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI BOARDING SCHOOL DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN SISWA DI MI NURUL ULUM BANTUL)
14480121_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI BOARDING SCHOOL DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN SISWA DI MI NURUL ULUM BANTUL)
14480121_BAB-II_sampai_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (448kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan perlunya kemandirian yang harus dimiliki siswa untuk menghadapi banyak hal dalam hidup yang harus diputuskan di masa depan. Lembaga pendidikan tidak hanya berkewajiban meningkatkan mutu akademis, akan tetapi ikut bertanggung jawab dalam membentuk karakter siswa. Untuk mencapai kemandirian siswa SD/MI dibutuhkan kesempatan berkembang melalui latihan terus menerus, salah satunya melalui boarding school. Penelitian ini bertujuan pertama, menggambarkan secara umum MI Nurul Ulum boarding school. Kedua, mendeskripsikan implementasi boarding school dalam mengembangkan kemandirian siswa MI Nurul Ulum Bantul. Ketiga, menjelaskan kemandirian siswa MI Nurul Ulum. Keempat, mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam mengembangkan kemandirian siswa melalui boarding school di MI Nurul Ulum Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara, observasi,dan dokumentasi. Kemudian untuk analisis data dilakukan dengan data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing/verification. Sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Sebagai madrasah boarding school MI Nurul Ulum Bantul memiliki komponen fisik dan non fisik yang mendukung dalam pengembangan kemandirian siswa; 2) Kemandirian siswa MI Nurul Ulum Bantul berkembang melalui kegiatan dan pendekatan personal selama pendidikan di boarding school; 3) faktor pendukung implementasi boarding school dalam mengembangkan kemandirian siswa diantaranya keinginan siswa untuk mendalami agama, adanya dukungan orangtua, sarana dan prasarana yang mendukung, dan sistem pendidikan sekolah yang baik. Sedangkan faktor penghambatnya adalah rasa jenuh dan bosan yang dialami siswa dan pola asuh orang tua yang memanjakan anaknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sigit Prasetyo, S.Pd., M. Pd. Si.,
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Boarding School, Kemandirian
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 03 Jan 2020 14:15
Last Modified: 03 Jan 2020 14:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37211

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum