PENGGUNAAN MEDIA WALL CHART DALAM MENINGKATKAN HAFALAN MUFRĀDĀT BAHASA ARAB KELAS V MI MA'ARIF KANIGORO NGABLAK MAGELANG

Laeli Mu'mirotun, NIM .14480129 (2019) PENGGUNAAN MEDIA WALL CHART DALAM MENINGKATKAN HAFALAN MUFRĀDĀT BAHASA ARAB KELAS V MI MA'ARIF KANIGORO NGABLAK MAGELANG. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN MEDIA WALL CHART DALAM MENINGKATKAN HAFALAN MUFRĀDĀT BAHASA ARAB KELAS V MI MA'ARIF KANIGORO NGABLAK MAGELANG)
14480129_BAB-I_atau_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN MEDIA WALL CHART DALAM MENINGKATKAN HAFALAN MUFRĀDĀT BAHASA ARAB KELAS V MI MA'ARIF KANIGORO NGABLAK MAGELANG)
14480129_BAB-II_SAMPAI_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Di MI Ma‟arif Kanigoro dalam proses pembelajaran bahasa Arab masih menggunakan buku paket tidak bergambar, dan guru sebagai pusat pembelajaran di kelas, kurangnya variasi dalam proses pembelajaran, sehingga membuat siswa kurang antusias dengan mata pelajaran bahasa Arab dan kemampuan siswa berkurang dalam menghafal. Untuk mengatasi masalah tersebut ditetapkan media Wall Chart . adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui kemampuan menghafal mufrādāt bahasa Arab siswa sebelum menggunakan media Wall Chart.(2) Untuk Mengetahui pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab siswa kelas V MI MA‟ARIF Kanigoro Ngablak- Magelang menggunakan Media Wall Chart. (3) Untuk Mengetahui peningkatan hafalan mufrādāt bahasa Arab peserta didik kelas V MI MA‟ARIF Kanigoro Ngablak- Magelang setelah menggunakan media Wall Chart. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan dan observasi, refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: observasi proses pembelajaran oleh guru dan siswa dalam siklus I dan II, tes setelah proses pembelajaran/ hasil evaluasi siswa, dan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran bahasa Arab dan siswa, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini ialah: adanya peningkatan kemampuan menghafal mufrādāt bahasa Arab siswa dengan rata-rata perolehan nilai siswa adalah 70. Hasil penelitian anatara lain: (1) kemampuan menghafal mufrādāt siswa masih rendah, dibuktikan dengan hasil pretest pada pra siklus adalah 0% atau belum ada yang mencapai indikator keberhasilan.(2) media Wall Chart dapat viii mempermudah proses menghafal dan mudah mengingat mufrādāt tanpa harus melalui proses panjang dan membosankan, sehingga media ini akan membuat siswa berpartsisipasi aktif dan lebih efisien, mengurangi siswa yang berlari-larian dalam kelas serta kegaduhan, dan meningkatkan kualitas pembelajaran. (3)pada siklus I menunjukkan kemampuan menghafal mufrādāt bahasa Arab meningkat dengan rata-rata hasil siswa 13,04% dari hasil awal pra siklus yang hanya 0%. Pada siklus II kemampuan menghafal siswa mengalami kenaikan menjadi 86,36% dengan effect size sebesar 73,32% dari hasil siklus I.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Lailatu Rohmah, M.S.I,
Uncontrolled Keywords: mufrādāt Bahasa Arab, Media Wall Chart, Kemampuan Menghafal
Subjects: Perpustakaan - Panduan
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 03 Jan 2020 14:24
Last Modified: 03 Jan 2020 14:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37212

Actions (login required)

View Item View Item