IMPLEMENTASI PENGGUNAAN KOMPUTER BICARA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPA MATERI PESAWAT SEDERHANA UNTUK PESERTA DIDIK TUNANETRA KELAS V DI SLB NEGERI 1 KULON PROGO

Rio Walua, NIM.: 14480130 (2019) IMPLEMENTASI PENGGUNAAN KOMPUTER BICARA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPA MATERI PESAWAT SEDERHANA UNTUK PESERTA DIDIK TUNANETRA KELAS V DI SLB NEGERI 1 KULON PROGO. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENGGUNAAN KOMPUTER BICARA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPA MATERI PESAWAT SEDERHANA UNTUK PESERTA DIDIK TUNANETRA KELAS V DI SLB NEGERI 1 KULON PROGO)
14480130_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENGGUNAAN KOMPUTER BICARA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPA MATERI PESAWAT SEDERHANA UNTUK PESERTA DIDIK TUNANETRA KELAS V DI SLB NEGERI 1 KULON PROGO)
14480130_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1)Bagaimana implementasi penggunaan komputer Bicara Sebagai Media Pembelajaran buku elektronik materi IPA pesawat sederhana untuk peserta didik tunanetra kelas V di SLB Negeri 1 Kulonprogo. Peneliti ingin mengetahui apakah komputer bicara dapat membantu untuk memudahkan proses pembelajaran materi IPA pesawat sederhana bagi peserta didik tunanetra di SLB tersebut, dan 2)Kelebihan dan kelemahan dari pengimplementasian komputer bicara sebagai alat bantu baca buku elektronik untuk peserta didik tunanetra kelas V di SLB Negeri 1 Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek penelitian guru kelas V, peserta didik tunanetra kelas V, Kepala Sekolah SLB Negeri 1 Kulon Progo. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Pemeriksaan keabsahan data ini menggunakan metode triangulasi. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa: 1)Implementasinya berupa digitalisasi buku ajar yang dimasukkan ke dalam komputer bicara, dalam hal ini buku ajar IPA pesawat sederhana. Selain itu juga terdapat jaringan Wifi sebagai pendukung guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran, serta alat-alat peraga sederhana yang digunakan guru untuk membantu peserta didik memahami materi pembelajaran. 2)Kelebihan penggunaan komputer bicara sebagai alat bantu baca yaitu berupa ketersediaan materi, biaya (pengadaan), kemandirian, kecepatan belajar, dan accessibility. Sedangkan kelemahannya dalam hal waktu dan kejenuhan yang dapat dialami peserta didik. Kelemahan lainnya terkait biaya perbaikan serta keterbatasan komputer dalam membaca materi-materi khusus seperti dalam bentuk gambar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sigit Prasetyo, M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: Komputer bicara, Implementasi, dan Tunanetra
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 03 Jan 2020 14:34
Last Modified: 03 Jan 2020 14:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37214

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum