ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL GEOMETRI BANGUN RUANG PADA KELAS V DI MI MA’HAD ISLAMY KOTA GEDE

Rinda Yulianti, NIM: 15480009 (2019) ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL GEOMETRI BANGUN RUANG PADA KELAS V DI MI MA’HAD ISLAMY KOTA GEDE. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL GEOMETRI BANGUN RUANG PADA KELAS V DI MI MA’HAD ISLAMY KOTA GEDE)
15480009_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL GEOMETRI BANGUN RUANG PADA KELAS V DI MI MA’HAD ISLAMY KOTA GEDE)
15480009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Rinda Yulianti, “Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Geometri Bangun Ruang pada Kelas V di MI Ma’had Islamy Kota Gede”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2019. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: Kesalahan-kesalahan yang dilakukan peserta didik kelas V di MI Ma’had Islamy Kota Gede dalam Menyelesaikan Soal Geometri Bangun pada kelas V MI Ma’had Islamy Kota Gede. Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif karena mendeskripsikan dan memberikan gambaran tentang kesalahan yang memengaruhi kesalahan yang dilakukan peserta didik melalui analisis dengan menggunakan pendekatan ilmiah sesuai dengan keadaan sebenarnya yaitu untuk mendapatkan deskripsi dari analisis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal geometri bangun ruang pada kelas V di MI Ma’had Islamy Kota Gede. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan empat metode, yaitu tes tulis, observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Triangulasi data digunakan sebagai teknik pengecekan keabsahan data. Teknik analisis data digunakan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, reduksi data, dan menarik kesimpulan/verifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa rendahnya pemahaman peserta didik terhadap penguasaan konsep, perhitungan, serta penggunaan satuan atau penempatan notasi matematika, sehingga kesalahan-kesalahan yang banyak dilakukan peserta didik ada tiga jenis kesalahan, yakni: (1) kesalahan konsep, (2) kesalahan perhitungan, dan (3) yaitu kesalahan prosedur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sigit Prasetyo, M. Pd. Si.,
Uncontrolled Keywords: analisis, jenis, kesalahan, geometri, bangun ruang
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 06 Jan 2020 09:14
Last Modified: 06 Jan 2020 09:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37223

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum